Awas, Kurang Minum Air Bisa Menimbulkan 6 Masalah Kesehatan Ini!

Hampir 70 persen tubuh manusia tersusun dari cairan. Cairan tersebut tentu memiliki peranan penting dalam tubuh seperti membuang racun dan sisa makanan, melancarkan peredaran darah serta manfaat lainnya. Karena itulah, sangat disarankan bagi anda banyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 

masalah kesehatan akibat kurang minum air

Kurang minum air juga disinyalir bisa membahayakan ginjal. Hal itu memang sepenuhnya benar, tetapi tidak hanya ginjal saja, kurang minum juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya yang membahayakan tubuh seperti yang dilansir Health Site di bawah ini :

1. Tekanan darah meningkat
Seseorang yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan biasanya lebih berpotensi mengalami hipertensi. Hal ini dikarenakan sel tubuh ketika mulai kekurangan cairan secara langsung tubuh akan memberika sinyal pada otak untuk mengeluarkan zat vasopressin. Zat vasopressin inilah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga memicu hipertensi.

2. Infeksi saluran kemih
Bukan hal yang aneh lagi jika orang yang kurang minum bisa terkena infeksi saluran kemih. Saat terkena infeksi saluran kemih seperti ini biasanya akan dikiuti dengan gejala seperti air kencing yang berwarna keruh bahkan mnegandung darah, sakit punggung, serta sensasi terbakar saat buang air kecil.

3. Kehilangan garam dan cairan tubuh
Tubuh akan kekurangan cairan dan garam ketika seseorang kurang minum. Perlu anda ketahui, kadar garam dan cairan ini memiliki peranan penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Nah, saat tubuh anda kekurangan dua kandungan ini bisa menyebabkan dehidarasi, mulut kering, mata kering serta beberapa masalah kesehatan yang fatal lainnya.

4. Kram otot
Masalah kesehatan yang sering terjadi ketika tubuh kekurangan air selanjutnya adalah kram pada otot. Masalah seperti ini bisa terjadi karena otot tidak mendapatkan cukup air dan sodium di sekitarnya, Otot pun menjadi lebih sensitif dan mudah kram.

5. Sering merasa lelah
Ketika tubuh kekurangan cairan hingga sampai dehidrasi, tubuh anda akan sering merasa lelah. Hal ini terjadi karena jaringan dan sel dalam tubuh tidak memiliki cukup cairan sehingga enzim pun melambat dan mencegah tubuh memproduksi energi.

6. Masalah pencernaan dan konstipasi
Air sangat dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan yang masuk serta mengeluarkan makanan yang tidak dapat dicerna. Nah, saat tubuh kekurangan air, maka bisa menimbulkan masalah pencernaan dan konstipasi. Selain itu juga bisa memicu penumpukan racun dalam tubuh. 

Baca juga : 
Itulah 6 masalah kesehatan yang bisa muncul akibat kurang minum air. Untuk itulah, guna menghindari masalah kesehatan seperti yang disebutkan diatas, selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh anda. Paling tidak minumlah air minimal 8 gelas setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus