Kenali 7 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Berbagai macam bumbu dapur yang sering digunakan sebagai penyedap masakan, banyak diantaranya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Bumbu - bumbu alami tersebut ternyata menyimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah lengkuas atau yang dikenal juga sebagai laos.

manfaat lengkuas bagi kesehatan

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat lengkuas atau laos bagi kesehatan :

1. Mengatasi morning sickness
Wanita yang sedang hamil biasanya akan sering mengalami keluhan morning sickness semacam ini. Keluhan seeperti itu tentu sangat mengganggu. Bagi anda yang tengah hamil dan sering mengalami mual pada pagi hari coba atasi dengan lengkuas. Aroma lengkuas yang cukup kuat bisa mengatasi mual yang anda derita. Anda bisa menyeduh lengkuas dengan air hangat dan sedikit tambahan madu.

2. Memperlancar peredaran darah
Lengkuas juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah anda. Selain itu, rempah ini juga bisa membuat kolesterol berkurang serta mampu menjaga tubuh agar lebih baik karena oksigen lebih banyak masuk ke tubuh.

3. Mengandung banyak gizi
Kandungan gizi yang tersimpan dalam remaph - rempah ini sangat melimpah. Lengkuas banyak mengandung zat besi, natrium, vitamin A, vitamin C, flavonoid, beta sitosterol dan yang lainnya. Karena kandungan inilah membuat lengkus sangat bermanfaat untuk kesehatan.

4. Menjaga kesehatan rambut
Lengkuas ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan rambut lho. Bahkan hanya dengan mengonsumsi lengkuas, anda bisa mencegah rambut anda dari kerontokan. Hal ini dikarenakan peredaran darah yang lancar mampu mengalirkan nutrisi dan oksigen lebih baik ke kepala anda.

5. Membantu meredakan mabuk
ketika anda sering mabuk saat sedang dalam perjalanan yang jauh, alahkan baiknya jika anda menyertakan rempah yang satu ini dalam barang bawaan anda. Lengkuas terbukti mampu untuk meredakan mabuk, lengkuas bisa membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi dalam perut anda serta bisa membantu keluarnya angin pada perut.

6. Mengobati diare
Manfaat lengkuas bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati diare. Lengkuas juga mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur. Karena kedua sifat inilah membuat bahan alami ini bisa digunakan untuk mengobati diare.

7. Mengobati luka bakar dan gatal pada kulit
Menggunakan lengkuas yang sudah dihancurkan kemudian mengoleskan pada bagian kulit yang gatal bisa mempercpat penyembuhan penyakit kulit gatal tersebut. Selain itu juga akan menghentikan penyebaran ke bagian kulit lainnya.

Itulah 7 manfaat lengkuas atau laos bagi kesehatan. Selain sebagai penyedap masakan, lengkuas ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus