Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Jumat, 11 Juli 2014

Beberapa Penyebab Rasa Mual Setelah Makan

Penyebab rasa mual setelah makan - Makan adalah aktifitas yang rutin dilakukan setiap hari. Semua orang pasti melakukannya, karena dengan makanlah manusia bisa bertahan hidup. Dengan makan juga, kebutuhan asupan dan gizi yang di perlukan oleh tubuh dapat terpenuhi, tapi tentu saja jika kita mengonsumsi makanan - makanan yang bergizi.

Karena sudah menjadi rutinitas, makan dapat memebri efek yang bagus bagi tubuh kita. Tapi tidak jarang juga, ada orang yang setelah makan justru mengalami rasa mual dan ingin muntah. Saya pun pernah mengalami hal ini. Mungkin anda juga pernah mengalaminya dan membiarkannya begitu saja. Sebab biasanya rasa mual dan ingin muntah itu hilang dengan sendirinya.

Penyebab rasa mual setelah makan

Tetapi jika hal tersebut sering terjadi berulang, anda jangan mengabaikannya bisa saja itu gangguan percernaan ataupun disebabkan faktor lainnya. Jika anda termasuk salah satu yang mengalaminya, maka mungkin berikut ini adalah penyebab rasa mual setelah makan seperti yang dilansir oleh www.newhealthguide.org.

Penyebab rasa mual setelah makan :

1. Rasa stres dan kecemasan
Jika dipikir, sangat aneh memang. Apa hubungannya mual dengan stres dan rasa cemas? Tetapi secara ilmiah, telah terbukti bahwa emosi manusia secara signifikan dapat mempengaruhi fungsi yubuh dengan melepaskan hormon tertentu sehingga ketika anda merasa tertekan, stres atau gelisah, anda jadi tidak berselera makan. Jika anda memaksakan untuk makan, maka secara otomatis perut akan meolak dan menyekreasi mediator tertentu dari sistem pencernaan sehingga menyebabkan rasa mual setelah makan.

2. Mengalami viral gastroenteritis
Ketika anda sering merasa mual ketika habis makan, mungkin anda menderita viral gastroenteritis. Ini adalah salah satu virus yang menginfeksi usus dan perut. viral gastroenteritis ini berkembang ketika orang mengonsumsi makanan yang kotor, makanan yang terkontaminasi racun dan bakteri yang dapat menyebabkan mual dan muntah, bahkan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan diare juga. 

3. Keracunan makanan
Salah satu penyebab mual yang utama setelah anda makan biasanya dikarenakan keracunan. Jika anda keracunan, tubuh akan menolak makanan di dalam lambung setelah makanan yang terkontaminasi memproduksi racun di dalam sistem gastrointerinal. Bahkan apabila sudah sangat parah akan disertai dengan muntah, demam, diare dan bahkan bisa menyebabkan seseorang pingsan.

4. Alergi makanan
Alergi makanan juga bisa menyebabkan rasa mual setelah makan. Rasa mual yang muncul biasanya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang merespon beberapa makanan abnormal yang anda konsumsi. Setiap orang pasti mengalami hal yang berbeda - beda, dari mulai jenis makanan sehingga seberapa parah alergi dan mual yang diderita.

5. Kehamilan
Untuk perempuan yang tengah hamil atau mengandung, wajar jika rasa mual muncul setelah habis makan. Bahkan hal ini sudah banyak terjadi dan sering dialami oleh perempuan yang tengah hamil. Hal itu dikarenakan hormon - horon kehamilan seringkali mempengaruhi kebiasan makan mengurangi mobilitas usus, dan karena itu bisa meningkatkan resiko mual dan muntah.

Itulah beberapa penyebab rasa mual setelah makan. Perlu anda catat, jika rasa mual itu terus dan sering terjadi, ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara lebih mendalam.
Beberapa Penyebab Rasa Mual Setelah Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri