7 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan - Mungkin masih banyak orang yang tidak menyukai buah ini. Karena jika dilihat sekilas, penampilan buah ini sudah tidak mengundang selera. Buah yang mempunyai bentuk seperti apel ini seluruh permukaan kulitnya dipenuhi oleh serbuk putih menyerupai bedak. Karena serbuk putih inilah, banyak orang menyebut buah ini buah genit karena seolah memakai bedak.

Tapi tahukah anda, dibalik penampilannya yang kurang menarik ternyata buah kesemek ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan mineral dan nutrisi di dalam buah berwarna oranye ini bisa membuat tubuh anda bugar dan sehat.

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan

Lalu, apa saja manfaat buah kesemek bagi kesehatan? Berikut di bawah ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mencegah kanker
Buah kesemek banyak mengandung zat antioksidan dan fitonutruen, Kedua zat ini bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh anda sehingga bisa mencegah resiko penyakit kanker.

2.  Meningkatkan sistem imun
Buah ini juga bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh anda. Selain itu buah kesemek juga bisa mencegah terjadinya penyakit umum seperti flu, batuk dan infeksi tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah
Manfaat buah kesemek bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menurunkan tekanan darah. Bagi anda yang menderita hipertensi sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Kandungan kalium dan mineral di dalamnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta bisa menyehatkan jantung anda.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Buah kesemek juga mengandung banyak serat di dalamnya sehingga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan anda serta bisa mencegah sembelit. Kandungan tanin di dalamnya juga mampu melindungi usus dan diare.

5. Menyehatkan mata
Kandungan vitamin A dalam buah kesemek juga lumayan tinggi. Vitamin A inilah yang bermanfaat untuk kesehatan mata anda. Tidak hanya itu saja, buah kesemek ini juga mampu mencegah kerusakan pada retina, memperjelas penglihatan anda serta bisa mencegah katarak.

6. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
Buah kesemek juga bermanfaat untuk meningkatkan energi serta efesiensi keseluruhan fungsi tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini banyak mengandung vitamin B yang bermanfaat meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda.

7. Menurunkan berat badan
Manfaat buah kesemek bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga bisa mengurangi keinginan anda untuk mengonsumsi makanan yang manis.

Demikianlah manfaat buat kesemek bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Setelah mengetahui manfaatnya, anda jadi tertarik untuk mengonsumsi buah ini? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus