Beberapa Makanan Sumber Kalsium Tinggi Selain Susu

Makanan sumber kalsium tinggi selain susu - Jika bicara mengenai kalsium, yang pertama terlintas pada pikiran anda pasti adalah susu serta produk atau makanan yang dibuat dengan bahan dasar susu seperti keju. Memang benar, susu dan makanan yang berbahan susu merupakan makanan dengan sumber kalsium yang tinggi, dan itu sangat penting untuk kesehatan anda.

Kalsium merupakan mineral yang banyak ditemukan dalam tubuh manusia. Mineral ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Selain itu kalsium juga berguna untuk melancarkan peredaran darah, menormalkan tekanan darah, mencegah osteoporosis, bahkan bisa mencegah penyakit jantung. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anda.

Makanan sumber kalsium selain susu

Tahukah anda, ternyata makanan sumber kalsium itu tidak hanya terdapat pada susu. Masih banyak makanan lainnya yang kaya akan kalsium. Salah satunya adalah beberapa makanan dibawah ini :

1. Kacang almond
Salah satu jenis kacang - kacangan ini sangat kaya akan nutrisi. Almond mengandung kalsium yang tinggi. Tidak hanya itu saja, almond juga mengandung potasium dan zat besi. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang anda. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anda, bisa mengonsumsi kacang ini dengan menjadikannya camilan, atau diolah terlebih dahulu menjadi selai.

2. Tahu
Makanan yang terbuat dari kedelai ini juga kaya akan kalsium dan sangat cocok dikonsumsi terutama untuk vegetarian untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan protein mereka.

3. Sayuran berdaun hijau
Makanan sumber kalsium selain susu selanjutnya adalah sayuran terutama yang berdaun hijau. Sayuran yang berdaun hijau seperti brokoli, lobak, kale dan yang lainnya juga merupakan sumber kalsium. Kandungan kalsium dalam sayuran tersebut sangat mudah diserap oleh tubuh.

4. Buah tin kering
Buah yang satu ini juga banyak kandungan nutrisinya. Buah tin terbukti banyak mengandung kalsium, antioksidan serta serat. Karena itulah, buah ini sangat cocok untuk anda konsumsi sebagai camilan yang menyehatkan.

5. Wijen
Makanan sumber kalsium selain susu selanjutnya adalah wijen. Wijen biasanya hanya digunakan sebagai bahan campuran makanan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa wijen banyak mengandung kalsium. Selain itu, wijen juga bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan peradangan bahkan bisa mencegah kanker.

6. Jeruk
Semua orang pasti menyukai buah yang satu ini. Rasanya yang manis dan segar bisa membuat anda ketagihan. Tapi tahukah anda, selain banyak mengandung vitamin C ternyata jeruk juga kaya akan kalsium lho?  Ini memberikan anda satu alasan tambahan untuk lebih sering mengonsumsi buah ini.

Itulah beberapa makanan sumber kalsium selain susu. Anda bisa mengonsumsi salah satu atau semuanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus