5 Hal Yang Sebaiknya Jangan Dilakukan Sebelum Tidur

Hal yang sebaiknya jangan dilakukan sebelum tidur - Setelah melakukan berbagai macam aktivitas seharian penuh, tentu tubuh anda juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh adalah tidur pada malam hari. Jadi usahakan sebisa mungkin, tidurlah yang berkualitas. Jika tidur anda berkualitas, nyenyak dan nyaman tentu keesokan harinya ketika terbangun, tubuh anda kembali segar dan bugar.

Hal yang sebaiknya jangan dilakukan sebelum tidur

Lalu bagaimana caranya agar tidur anda bisa nyenyak dan nyaman? Sesaat sebelum anda tidur malam, usahakan anda tidak melakukan hal - hal berikut ini agar tidur anda bisa nyenyak :

1. Terlalu banyak makan
Sebuah penenlitian menunjukkan bahwa tidur dengan kondisi perut yang penuh dan tidak nyaman bisa menstimulasi gelombang otak, dan hal ini bisa memicu anda memimpikan sesuatu yang buruk. Semaikin tidak sehat makanan yang anda konsumsi menjelang tidur, maka akan semakin mengganggu tidur anda. Lebih baik anda makan seperlunya saja, dan tentu saja makanan yang anda konsumsi haruslah berkualitas.

2.Salah mengonsumsi obat
Salah mengonsumsi obat bisa membuat anda tidak bisa tidur. Terutama obat - obatan yang mengandung pseudoefedrin dalam obat dekongestan OTC yang diketahui bisa menyebabkan insomnia. Lebih baik anda mengonsumsi obat yang mengandung decongestan yang di formulasikan khusus untuk penggunaan malam hari. Obat seperti ini biasanya mengandung antihistamin. Antihistamin inilah yang bisa menyebabkan kantuk sehingga anda bisa segera tertidur.

3. Mengomel
Ketika anda merasa emosi dan ingin melampiaskannya kepada orang yang telah membuat anda emosi, lebih baik anda menahannya hingga besok. Alih - alih emosi anda tersalurkan, yang ada malah anda menjadi gusar dan pikiran anda terus berputar - putar bila marah menjelang tidur, dan akibatnya anda akan susah untuk memejamkan mata. Stres dan overstimulasi menjelang tidur disebut - sebut sebagai penyebab utama parasomnia (keterlambatan tidur)

4. Mandi air hangat
Mandi air hangat sebelum anda akan tidur akan membuat suhu tubuh tetap tinggi, dan hal ini bisa membuat anda terus terjaga. Jika ingin mandi, pastikan anda melakukannya setidaknya 1 jam sebelum tidur. Suhu tubuh akan turun pada malam hari, mulai sekitar 2 jam sebelum tidur.

5. Terpapar cahaya biru
Sebuah penelitian mengatakan bahwa paran cahaya biru dari peralatan eletronik seperti komputer, tablet dan smartphone sebelum tidur bisa meningkatkan kadar melatonin, yang bisa mengurangi jam tidur serta meningkatkan resiko obesitas. ketika anda akan tidur, lebih baik anda menjauhkan semua peralatan elektronik tersebut dari jangkauan anda.

Itulah 5 Hal yang sebaiknya jangan dilakukan sebelum tidur. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh anda kembali bugar, dan anda siap untuk melakukan berbagai macam aktivitas lagi.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi