Mengenal Insomnia dan Cara Mudah Mengatasinya

Mengenal insomnia dan cara mudah mengatasinya - Pernahkah anda tidak bisa tidur ketika malam hari? Jika iya, bisa dipastikan anda sedang mengalami insomnia. Apa sebenarnya insomnia ini? Insomnia menurut wikipedia adalah kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia Biasanya sering disebabkan karena adanya suatu penyakit atau juga diakibatkan karena adanya permasalahn psikologis. Jika sudah seperti itu, bantuan medis atau psikologis akan sangat diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif untuk menangani masalah ini adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, pasien penderita insomnia diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra produktif mengenai tidur.

Ada beberapa jenis insomnia yang perlu anda ketahui, yang pertama adalah insomnia primer, yaitu kesulitan tidur tanpa adanya gangguan kesehatan. Selanjutnya adalah insomnia sekunder, Insomnia jenis ini biasanya penderita mengalami kesulitan tidur karena kondisi medis, depresi, atau karena zat yang mereka konsumsi seperti obat  obatan dan alkohol.

insomnia dan cara mudah mengatasinya

Selain itu, ada juga insomnia kronis, Biasanya jangka waktu untuk insomnia akut hanya dalam waktu semalam saja. Tetapi bila anda mengalami kesulitan tidur hingga sampai tiga minggu atau lebih, itu pertanda anda sudah mengalami insomnia kronis. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan solusinya.

Lalu, seperti apa seseorang bisa dikategorikan sedang mengalami insomnia? Selain susah untuk memejamkan mata, berikut dibawah ini adalah tanda - tanda umum seseorang sedang mengalami insomnia :

1. Susah untuk tidur
2. Sering bangun ketika malam dan susah untuk tidur lagi
3. Bangun terlalu pagi
4. Merasa lelah ketika terbangun
5. Kesulitan untuk mengingat dan berkonsentrasi
6. Daya tahan tubuh rendah karena kurang tidur

Cara mudah mengatasi insomnia
Setelah mengetahui tanda - tandanya, kini saatnya bagi anda mengetahui bagaimana cara mudah untuk mengatasi gejala insomnia seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini :

1. Selau usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Selain itu, cobalah untuk tidak tidur siang karena akan membuat anda sulit mengantuk ketika malam hari.

2. Jangan mengonsumsi kafein, nikotin dan alkohol ketika malam hari. Kafein yang bisanya ada pada kopi dan nikotin pada rokok adalah zat stimulan yang akan membuat anda menjadi sulit mengantuk. Sedangkan alkohol bisa menyebabkan anda terbangun pada malam hari dan mengganggu siklus tidur anda.

3.  Lakukan olahraga secara teratur. Tetapai sebaiknya hindari berolahrga pada malam hari.

4. Jangan mengonsumsi makanan yang berat pada malam hari. Sebaiknya anda makan cemilan saja karena biasanya cemilan justru bisa membuat anda mengantuk.

5. Buat suasana kamar tidur anda senyaman mungkin. Usahakan kamar gelap, tenang, dan tidak terlalu panas atau dingin. Pastikan anda bisa nyaman ketika sedang berada di dalam kamar anda.

6. Biasakan untuk melakukan kebiasaan yang sama sebelum tidur. Contohnya membaca buku, mendengarkan musik, mandi dengan air hangat dan lainya. Karena dengan begini tubuh anda akan terbiasa dan akan lebih mudah mengenali waktu tidur.

Itulah cara mudah mengatasi insomnia yang wajib anda lakukan. Semoga setelah melakukan semua hal tersebut, insomnia tidak akan menyerang anda lagi. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus