Sering Merasa Lapar Terus Menerus? 5 Hal Ini Penyebabnya

Rasa lapar adalah hal wajar yang biasa dialami semua orang. Hal utama untuk mengatasinya, tentu saja dengan cara makan. Bahkan pakar gizi pun merekomendasikan untuk makan setidaknya empat kali dalam sehari.

Lalu, bagaimana jika anda sudah makan tiga atau empat kali sehari tetapi tetap merasa lapar terus menerus? tidak sedikit orang yang mengalami hal ini. Perut mereka tetap merasa lapar walaupun sudah makan hingga beberapa kali. Apa yang menjadi penyebabnya? Daripada anda menduga - duga, berikut dibawah ini adalah penyebabnya :

Sering Merasa Lapar Terus Menerus? 5 Hal Ini Penyebabnya

1. Melewatkan sarapan
Sarapan pada pagi hari sangat penting untuk anda lakukan. Tapi sayangnya, sudah banyak orang yang melewatkan hal ini. Melewatkan sarapan selain bisa menagganggu metabolisme tubuh juga bisa memicu rasa lapar. Ini pula alasannya ketika anda melewatkan sarapan, nafsu makan anda melonjak tak terkira.

2. Telalu lama menonton televisi
Anda mungkin bertanya - tanya apa hubungannya rasa lapar dengan kebiasaan menonton televisi yang terlalu lama. Eit, jangan salah. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menonton televisi lebih dari dua jam cepat merasa lapar jika dibandingkan dengan meeka yang tidak menonton televisi. Menonton televisi terlalu lama, apalgi jika ditambahi dengan kebiasaan ngemil hanya akan membuat anda lapar dan memicu obesitas.

3. Konsumsi alkohol secara berlebihan
Sering konsumsi alkohol apalagi jika sampai berlebihan ternyata bisa memicu lapar lho. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minuman ini merupakan penyebab utama peningkatan kadar hormon ghrelin yang mampu meningkatkan rasa lapar lebih dari biasanya.

4. Insomnia
Kurang tidur waktu malam hari bahkan hingga sampai insomnia, juga bisa memicu rasa lapar berlebih. Hal ini dikarenakan hormon leptin yang memicu rasa kenyang akan menurun sehingga bisa membuat anda terus merasa lapar.

5. Dehidrasi
Tahukah anda, memenuhi kebutuhan cairan tubuh bisa membuat rasa kenyang anda tahan lebih lama. Nah, sebaliknya kurangnya asupan cairan bahkan hingga sampai dehidrasi memungkinkan anda akan merasa lapar terus menerus dibandingkan biasanya.

Itulah 5 penyebab anda sering merasa lapar terus menerus. Jika anda selalu memperhatikan penampilan, rasa lapar terus menerus sehingga makan berkali - kali bisa membuat berat badan anda naik tak terkendali. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus