6 Manfaat Mengagumkan Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal kangkung? Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat populer di indonesia. Bisa dipastikan, hampir semua orang pernah mengonsumsi sayuran ini. Di indonesia sendiri, sayur kangkung banyak dijual di pasar - pasar. Sayuran ini banyak ditemukan di kawasan asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir dimana - mana terutama di kawasan berair.

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Seperti sayuran hijau lainnya, kangkung juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Mengobati anemia
Sayuran hijau yang satu ini banyak mengandung zat besi di dalamnya sehingga sangat baik jika dikonsumsi penderita anemia. Selain itu, zat besi juga merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk sel - sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

2. Menurunkan resiko diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kangkung secara rutin bisa menurunkan resiko diabetes. Kangkung juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

3. Mengurangi kolesterol
Jika anda mempunyai kolesterol tinggi, mengonsumsi sayuran ini adalah pilihan tepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida yaitu salah satu jenis lemak dalam tubuh.

4. Mencegah kanker
Kangkung juga diketahui mengandung 13 jenis senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk cegah kanker. Bahkan beberapa penelitian mengatakan sayur ini bisa cegah kanker perut, kanker kulit serta kanker payudara.

5. Mengobati penyakit kuning dan masalah hati
Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak kangkung yang banyak kandungan antioksidan di dalamnya dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati. Selain itu, sejak dahulu sayuran ini sudah digunakan untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati.

6. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit
Sayuran ini juga mengandung banyak serat sehingga bisa mencegah gangguan pencernaan. Kangkung juga bisa menjadi semacam pencahar untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan maupun sembelit.

Itulah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan. Nah, ladies? Dengan manfaat seperti itu, jangan ragu - ragu lagi menambahkan sayuran ini dalam menu harian anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus

5 Makanan Sumber Vitamin A