4 Penyakit Mematikan yang Rentan Terjadi Pada Penderita Obesitas

Obesitas atau kegemukan bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya orang dewasa saja, anak kecil pun tidak luput dari masalah ini. Bahkan pada tahun 2013 lalu, Organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat bahwa 42 juta anak dibawah usia 5 tahun mengalami kelebihan berat badan serta obesitas. Menurut berbagai penelitian, obesitas yang terjadi pada masa kecil bisa meningkatkan resiko kematian mendadak saat tumbuh dewasa.

Penyakit Mematikan yang Rentan Terjadi Pada Penderita Obesitas

Tahukah anda, Obesitas juga bisa meningkatkan resiko beberapa penyakit mematikan lainnya bagi penderitanya. Apa saja? Berikut di bawah ini :

1. Diabetes
Obesitas pada laki - laki biasanya ditandai dengan perut yang membuncit, dan itu merupakan faktor resiko gangguan metabolisme. Nah, saat sistem metabolisme tubuh mulai terganggu, maka beragam komplikasi mematikan akan semakin mudah muncul. Termasuk diantaranya diabetes dan kerusakan pembuluh darah.

2. Kanker
Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa beberapa jenis kanker meningkat resikonya pada pemilik tubuh gemuk, seperti diantaranya kanker payudara, kanker usus besar serta kanker endometrial.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah
Berbagai masalah jantung dan pembuluh darah sangat erat kaitannya dengan indeks massa tubuh (IMT). Orang dengan berat badan berlebih atau yang mengalami obesitas cenderung beresiko mengalami hipertensi, penyakit jantung serta pembentukan sumbatan - sumbatan di pembuluh darah.

4. Gangguan pernafasan
Penderita obesitas juga rentan dengan gangguan pernafasan. Bahkan sering ditemukan seseorang mengalami sleep apnea atau henti nafas ketika tidur yang sering ditandai dengan dengkuran. Hal ini memang tidak secara langsung mematikan, tetapi sangat berhubungan dengan berbagai gangguan penyakit berbahaya lainnya.

Itulah 4 penyakit mematikan yang rentan terjadi pada penderita diabetes. Agar terhindar dari obesitas ini, anda bisa mencegahnya dengan menyeimbangkan asupan kalori dengan aktifitas fisik. Jangan lupa, terapkan juga gaya hidup serta pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus