6 Manfaat mengagumkan Labu Kuning Bagi Kesehatan

Menurut wikipedia, Labu kuning atau yang sering dikenal juga sebagai waluh merupakan sekelompok tanaman merambat yang termasuk suku labu - labuan (cucurbetaciae). Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari amerika, tetapi sekarang menyebar di berbagai banyak tempat yang memiliki iklim hangat termasuk indonesia.

Buah labu yang satu ini sangat mudah dikenali, selain bentuknya yang besar juga karena warna kuningnya yang khas. Warna kuning itu sendiri menandakan bahwa labu kuning banyak mengandung beta karoten, yaitu salah satu provitamin A yang bisa berperan sebagai antioksidan. Di indonesia sendiri, labu ini sering digunakan sebagai bahan kolak ataupun campuran minuman buah segar. 

Manfaat mengagumkan Labu Kuning Bagi Kesehatan

Selain mengandung beta karoten, labu ini juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C dan serat. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan :

1. Mempertajam penglihatan
Seperti yang disebutkan diatas, warna kuning pada labu ini dikarena kandungan beta karoten di dalamnya. Beta karoten ini sendiri nantinya akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A sangat penting bagi kesehatan mata dan membantu retina untuk menyerap serta memproses cahaya. Hanya dengan mengonsumsi potongan kecil labu ini, anda sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda sebanyak 200 persen. Tidak hanya itu saja, labu kuning ini juga bermanfaat untuk mencegah katarak dan memperlambat melemahnya fungsi mata saat tua.

2. Mengurangi resiko kanker
Kandungan beta karoten yang berperan sebagai antiosidan dalam labu kuning sangatlah tinggi sehingga bisa melawan kanker. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi makanan dengan beta karoten tinggi lebih sedikit beresiko terkena kanker terutama kanker prostat dan kanker paru - paru. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya juga berperan sebagai antioksidan dan perisai sel untuk melawan radikal bebas.

3. Baik untuk penderita diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi labu kuning mampu mengurangi level glukosa darah, meningkatkan toleransi glukosa serta meningkatkan  jumlah produksi insulin dalam tubuh. Karena itulah, buah ini sangat aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Membantu menurunkan berat badan
Jika anda sedang diet, mengonsumsi buah ini akan membantu menurunkan berat badan anda. Hal ini dikarenakan labu kuning sangat kaya akan serat. Tubuh anda akan merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya. Bahkan, satu buah labu kuning hanya mengandung 50 kalori saja. Sebab kandungan 90 persen lainnya adalah air yang mampu mencegah dehidrasi.

5. Membuat kulit awet muda
Manfaat labu kuning bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu membuat kulit aet muda. Beta karoten di dalamnya ternyata juga bisa melindungi kita dari sinar matahari yang bisa mengakibatkan bintik hitam pada kulit. Tidak heran jika labu ini juga digunakan sebagai masker.

6. Membuat sistem imun lebih baik
Mengonsumsi labu kuning akan membuat imunitas tubuh anda menjadi lebih baik. Vitamin A yang banyak terdapat pada labu ini membantu tubuh melawan infeksi, virus dan penyakit karena infeksi. Minyak di dalamnya juga bisa membantu melawan bakteri dan jamur. Kandungn vitamin C-nya pun cukup untuk membantu pulih dari flu lebih cepat.

Itulah 6 manfaat mengagumkan yang bisa anda peroleh hanya dengan mengonsumsi labu kuning. Ketika sudah masak, anda bisa langsung mengonsumsinya atau bisa membuatnya sebagai bahan campuran kolak. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus