Cara Mudah Mengatasi Asma Tanpa Obat

Cara mudah mengatasi asma tanpa obat - Menurut wikipedia, asma adalah peradangan kronis yang terjadi pada saluran nafas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran nafas yang bersifat refersibel. Orang yang menderita penyakit ini biasanya memiliki gejala seperti merasa sesak nafas, mengi, dada terasa berat bahkan sampai batuk - batuk.

Ketika seseorang terserang asma, biasanya mereka akan sulit untuk bernafas. Hal ini dikarenakan saluran udara dalam paru - paru meradang dan terhalang oleh lendir. Karena itulah, tidak heran jika banyak penderita asma selalu membawa obat ketika sedang keluar rumah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila asma yang mereka derita menyerang secara tiba - tiba.

Banyak faktor yang menyebabkan serangan asma ini terjadi, seperti polusi udara, emosi atau pemicu asma lainnya seperti debu, asap rokok dan faktor lainnya.

Cara mudah mengatasi asma tanpa obat

Nah, Bagi anda yang menderita penyakit ini, ketika asma mulai menyerang dan anda lupa membawa obat atau inhaler untuk mengatasinya, jangan panik dan cemas. Anda bisa mengatasi asma tersebut dengan tips mudah dibawah ini :

1. Bernafas panjang
Ketika asma menyerang, cobalah mengambil nafas panjang dengan perlahan. Hiruplah nafas dari hidung kemudian keluarkan dari mulut secar perlahan. Ini akan membuat proses pernafasan menjadi pelan dan bisa mencegah serangan asma semakin parah.

2. Mengonsumsi minuman hangat
Cobalah konsumsi minuman yang masih hangat ketika asma mulai menyerang anda. Minuman hangat seperti kopi dan teh bisa membuat saluran udara sedikit membuka, sehingga bisa memberikan rasa nyaman dan membantu anda bernafas tanpa sesak.

3. Duduk tegak
Cara mudah mengatasi asma tanpa obat selanjutnya adalah dengan duduk tegak. Jangan melakukan hal apapun ketika asma sedang menyerang anda, tapi cobalah untuk duduk tegak. Jika tubuh melengkung kebawah atau berbaring, pernafasan akan semakin terhalang. Itu justru akan memperparah kondisi asma anda.

4. Hindari pemicu asma
Inilah cara terbaik untuk mencegah asma menyerang anda, yaitu dengan mengetahui hal apa saja yang bisa memicu asma bisa terjadi. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui faktor pemicu tersebut. Sebagai contoh, ada asma yang kambuh ketika seseorang menghisap udara yang berdebu. Apapun itu, segera jauhi hal - hal yang bisa menyebabkan asma tersebut, terutama ketika pernafasan mulai terasa tidak nyaman.

5. Jangan panik
Cara mudah mengatasi asma tanpa obat yang terakhir adalah jangan panik. Saat asma menyerang anda, cobalah untuk tidak cemas dan panik, berusahalah untuk tetap tenang. Panik hanya akan membuat otot dada semakin kencang dan bisa membuat anda lebih kesulitan bernafas. Hal ini akan membuat asma anda semakin memburuk.

Itulah cara mudah mengatasi asma tanpa obat. Bagi anda yang menderita asma, ketika akan keluar rumah, jangan lupa bawa obat atau inhaler anda untuk mengantisipasi jika asma anda kambuh tiba - tiba. Jika anda lupa dan asma masih menyerang, anda bisa mengatasinya dengan cara yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus