Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Depresi

Cara mudah mengatasi depresi - Menurut wikipedia, depresi adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa tertekan dan merasa lebih dari sekedar sedih. Apabila kondisinya semakin buruk hingga sampai mengganggu aktifitas sosialnya, maka hal itu disebut sebagai gangguan depresi. Seseorang yang sedang depresi memerlukan pikiran yang tenang sebab jika depresi tidak kunjung mereda, hal itu bisa membahayakan. Ingat, Proses bunuh diri yang marak terjadi sekarang ini bermula karena seseorang merasa frustasi dan depresi.

Depresi harus ditangani segera mungkin. Tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengatasi depresi. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah depresi ini. Malah pada artikel sebelumnya, saya pernah membahas tentang beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk membantu menghilangkan depresi. Anda bisa coba mengonsumsinya untuk membantu mengatasi rasa depresi anda.

Cara mudah mengatasi depresi

Jika mengonsumsi makanan sehat tersebut masih belum juga menghilangkan depresi anda, cobalah anda melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasi depresi.

5 cara mudah mengatasi depresi :

1. Mengonsumsi makanan sehat
Perlu anda ketahui, pola makan yang teratur dan sehat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Untuk itulah, konsumsilah makanan yang sehat seperti buah - buahan dan sayuran untuk membuat tubuh dan pikiran anda menjadi lebih segar. Hindari juga mengonsumsi alkohol dan makan makanan yang bisa memicu stres. Zat - zat dalam makanan yang tidak sehat tersebut malah bisa meningkatkan rasa stres dan depresi anda.

2. Berolahraga minimal 30 menit
Ketika seseorang merasa depresi, tentu itu akan berpengaruh dan membuat lelah mental. Selain itu rasa depresi tersebut juga bisa menmpengaruhi fisik anda. Rasa lelah pada fisik tentu akan membuat anda malas untuk melakukan olahraga, padahal aktifitas ini merupakan cara untuk menyegarkan pikiran dan bisa meningkatkan mood anda. Ketika anda merasa depresi, meskipun malas cobalah untuk berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari. Berolahraga secara teratur akan meningkatkan serotonin dan endorfin pada otak yang dapat menurunkan stres dan rasa depresi anda.

3. Melakukan terapi online
Ketika seseorang dilanda depresi, biasanya mereka akan mengkonsultasikannya pada psikiater. hal ini dikarenakan depresi tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan harus ditangani secara klinis. Hal ini lumrah terjadi. Jika anda malas untuk berkonsultasi dengan psikiater, cobalah sesuatu yang baru, melakukan terapi online misalnya. Jika anda tertarik, anda bisa mencoba salah satu terapi online MoodGym yang dimiliki oleh Universitas nasional australia.

4.  Tidur yang cukup
Cara mudah mengatasi depresi selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Memenuhi kebutuhan tidur akan membantu menjaga kesehatan mental anda. Jangan begadang ketika anda mulai merasakan stres dan depresi. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan tidur anda setiap malamnya, paling tidak anda harus tidur 7 sampai 8 jam setiap malamnya hingga beberapa bulan. Anda akan merasakan perbedaanya.

5. Membaca buku
Cara mudah mengatasi depresi yang terakhir adalah dengan sering membaca buku terutama buku yang berkaitan dengan depresi. Membaca buku semacam itu dengan santai atau semacam self help book, akan memberikan beberapa kemampuan bagi anda untuk mengatasi depresi. Setidaknya, cobalah untuk membaca minimal 10 halaman setiap harinya, maka anda akan merasakan bedanya pada kesehatan mental anda.

Demikianlah 5 cara mudah mengatasi depresi yang bisa anda lakukan. Jika kondisi depresi anda belum mengalami perubahan, cobalah mengkonsultasikannya pada psikiater untuk mendapatkan saran dan penanganan yang lebih tepat. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus