Waspadai 5 Penyakit Yang Berawal Dari Diabetes Ini

Selain penyakit jantung, stroke serta penyakit berbahaya lainnya, diabetes termasuk salah satu yang sangat dihindari semua orang. Penyakit ini terjadi karena jumlah kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Penyakit yang bisa menyerang siapa saja ini disinyalir penyebabnya selain dari makanan juga karena dipengaruhi dari gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Ironisnya, banyak orang mengetahui penyakit ini terdapat dalam tubuh mereka sangat terlambat, akibatnya proses penyembuhannya pun tidak bisa maksimal.


Dari beragam jenis diabetes, salah satu yang perlu anda waspadai adalah diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan diabetes tipe 2 ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan beberapa komplikasi mengejutkan. Jika penyakit ini tidak diatasi secara cepat dan tepat, diabetes ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Nah, berikut ini adalah 5 penyakit yang berawal dari diabetes tipe 2 yang sebaiknya anda waspadai :

1. Penyakit ginjal
Kadar glukosa darah yang tinggi dapat membuat sulit bagi pembuluh darah ginjal untuk menyaring kotoran. Dengan kondisi pembuluh darah yang terganggu, maka tingginya kadar protein (albumin) dapat mengumpulkan dalam urin pasien. Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal, gagal ginjal, serta kebutuhan untuk dialisis atau transplantasi ginjal.

2. Masalah pencernaan
Diabetes bisa menimbulkan kerusakan saraf yang bisa mempengaruhi otot - otot perut sehingga menyebabkan kondisi yang disebut gastroparesis. Orang dengan masalah pengalaman gastroparesis dengan perut mereka mengosongkan setelah makan, yang dapat menyebabkan mual, kembung, muntah, kesulitan pencernaan, fluktuasi gula darah serta penyerapan gizi buruk.

3. Masalah pada mata
Menurut Canadian Diabetes Association (CDA), permasalahan pada mata seperti kebutaan merupakan masalah utama yang terjadi akibat diabetes. Orang yang mengidap diabetes tipe 2, dua kali lebih besar terkena glaukama dan katarak.

4. Kerusakan saraf
Penyakit yang bisa terjadi akibat diabetes tipe 2 selanjutnya adalah kerusakan saraf. Penderita diabetes dengan kadar gula darah yang tinggi bisa memicu kerusakan saraf ke seluruh tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa kesemutan dan sensasi terbakar.

5. Penyakit kardiovaskular
Pasien dengan diabetes seringkali mereka juga memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan perubahan vaskular. Tentu situasi ini bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. 


Itulah 5 penyakit yang berawal dari diabetes tipe 2 yang sebaiknya anda waspadai. Untuk menghindari penyakit diebetes ini, sebaiknya anda rutin mengontrol kadar gula darah anda dengan memeriksakannya pada dokter. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus