5 Gejala Pada Kulit Pertanda Diabetes

Gejala pada kulit pertanda diabetes - Diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik yang tua maupun yang muda. Penyakit ini terjadi karena jumlah kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Munculnya penyakit diabetes ini biasanya dipengaruhi dari gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Ironisnya, penyakit diabetes diketahui sangat terlambat sehingga perawatan yang dilakukan menjadi tidak maksimal dan proses penyembuhannya pun tidak bisa total.

Gejala pada kulit pertanda diabetes

Untuk itulah anda perlu mengetahui dan mendeteksi kapan penyakit ini menyerang anda sedini mungkin. Tapi bagaimana caranya?  Nah tahukah anda, menurut penelitian yang dipublikasikan di healtmeup.com, diabetes ternyata bisa diketahui dan di deteksi dari serangkaian gejala yang terjadi pada kulit. Dan berikut ini adalah tanda - tandanya :

1. Munculnya benjolan di kulit
Ketika kulit anda terdapat benjolan yang muncul secara tiba - tiba, anda perlu mewaspadainya. Benjolan seperti itu bisa jadi gejala dari resistensi insulin. Benjolan ini biasanya akan muncul pada lipatan kulit dan semakin banyak iritasi yang terjadi. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa resiko penyakit diabetes ini terjadi semakin besar. Segeralah periksakan diri anda ke dokter ahli ketika anda mengalami iritasi kulit yang terjadi tiba - tiba.

2. Xanthelasma
Anda mungkin masih belum mengetahui apa xanthelasma itu. Dalam medis. xanthelasma adalah munculnya tanda putih pada kelopak mata atas. Xantelasma ini selain bisa mendeteksi resiko diabetes, juga bisa menjadi penanda dari munculnya penyakit kolesterol. Semakin cepat anda mendeteksi dan mengetahui adanya xanthelasma ini, semakin cepat pula anda sembuh dari penyakit ini.

3. Munculnya vitiligo
Vitiligo adalah sejenis kelainan kulit yang disebabkan oleh hilangnya melanin pada kulit karena melanosit tidak dapat lagi memproduksi melanin. Ini akan diikuti dengan munculnya bintik - bintik putih pada kulit. Vitiligo ini sendiri bisa muncul karena sistem kekebalan tubuh yang sudah melemah karena penyakit diabetes.

4. Munculnya ruam pada kulit (Granoloma annulare)
Kondisi kulit yang disebut granoloma annulore adalah munculnya ruam kulit yang tidak biasa pada tubuh. Ruam semacam ini biasanya berbintik - bintik dengan disertai rasa gatal, munculnya pun secara tiba - tiba. Segeralah lakukan tes diabetes jika ruam ini muncul terus menerus untuk mengetahui penyebab dibalik munculnya penyakit ini.

5. Sering gatal
Segeralah perikasakan diri ke dokter ketika anda tiba -tiba merasa gatal tanpa diketahui penyebabnya, bisa saja itu merupakan pertanda anda mulai terserang diabetes. Sebab biasanya diabetes akan mengganggu kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban sehingga kulit akan terasa kerig dan gatal sepanjang waktu.

Itulah 5 gejala pada kulit yang bisa merupakan pertanda diabetes yang perlu anda waspadai. Jika anda mengalami salah satu atau semua gejala tersebut, ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya. Siapa tahu gejala tersebut merupakan pertanda anda terserang diabetes. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus