5 Tanaman Yang Terbukti Ampuh Bisa Usir Nyamuk

Salah satu musuh yang kerap mengganggu ketika kita tidur pada malam hari adalah nyamuk. Tidak hanya malam hari, hewan yang menjengkelkan ini bisa menggigit anda kapan saja. Bekas gigitannya pun bisa meninggal bintik - bintik merah pada kulit, bahkan terkadang disertai dengan rasa gatal. Sangat menjengkelkan bukan?

Untuk mengusir nyamuk, salah satu upaya yang mungkin anda lakukan adalah dengan menggunakan obat nyamuk, baik yang semprot maupun obat bakar. Tapi sayangnya, penggunaan obat nyamuk seperti ini yang di dalamnya mengandung bahan kimia, jika terlalu sering tentu bisa berbahaya bagi kesehatan anda.

Tanaman Yang Terbukti Ampuh Bisa Usir Nyamuk

Lalu, bagaimana cara mengusir nyamuk tanpa menggunakan obat nyamuk seperti itu? Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tanaman yang diketahui bisa mengusir nyamuk karena aromanya. Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman tersebut juga bisa mempercantik rumah anda. Apa saja tanaman tersebut? Berikut dibawah ini :

1. Lavender
Sudah banyak obat nyamuk yang menggunakan tanaman ini sevagai bahan dasarnya. Dan tentunya, tanamannya pun bisa ampuh untuk mengusir nyamuk dari ruangan atau kamar anda. Salah satu jenisnya yang ampuh untuk mengusir nyamuk adalah lavandin, dengan kamper yang konsentrasinya tinggi, tidak hanya usir nyamuk, serangga pun bisa kabur dengan aroma tanaman ini.

2. Lemon balm
Lemon jenis ini memiliki aroma yang bisa mengingatkan anda pada batang serai. Aromanya sangat segar dan bisa membangkitkan selera makan. Lemon balm diketahui mengandung citronellal yang tinggi, yang bisa membuat nyamuk dan serangga tidak suka dekat - dekat tanaman ini.

3. Basil atau kemangi
Basil, yang khas dalam masakan italia ini bisa digantikan dengan daun kemangi. Aromanya yang khas bisa membuat nyamuk menjauh dari tanaman ini. Untuk mempercantik penataannya, anda bisa memasukkan basil atau kemangi dalam vas bunga yang berisi air, kemudian letakkan di dalam atau diluar rumah.

4. Mint
Tanaman yang juga memiliki bau khas dan menyegarkan ini selain bisa mengusir nyamuk, kandungan minyak essensial di dalamnya juga bisa mengobati kulit anda dari gigitan nyamuk.

5. Catnip
Tanaman yang satu ini termasuk dalam keluarga daun mint. Sama halnya dengan daun mint, catnip juga sangat dibenci nyamuk. Sebaliknya jika anda penyayang kucing, tanaman ini sangat disukai hewan ini.


Itulah 5 tanaman yang terbukti bisa mengusir nyamuk dari ruangan anda. Selain bisa mengusir nyamuk, coba hias dengan tepat semua tanaman tersebut agar bisa mempecantik ruangan anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus