Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Jumat, 31 Juli 2015

Waspada, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

Para pekerja kantoran pada umumnya melakukan rutinitas kerja dengan duduk sepanjang hari di depan komputer. Walaupun membosankan, keharusan untuk menyelesaikan pekerjaannya, membuat mereka rela walaupun harus duduk sepanjang waktu. Paling tidak, setiap harinya mereka menghabiskan waktu sekitar 8 jam di depan meja kerja mereka. Belum lagi jika atasan memperintahkan mereka kerja lembur, mau tidak mau kewajiban itu harus mereka kerjakan.

Waspada, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

Tapi tahukah anda, kebiasaan duduk terlalu lama seperti itu ternyata bisa memicu timbulnya kanker, terutama bagi perempuan. Sebuah penelitian yang baru - baru ini dipublikasikan oleh Journal Cancer Epidemiology Biomarkers dan Prevention menyebutkan bahwa perempuan yang duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko berbagai jenis kanker.

Penelitian itu menunjukkan duduk lebih dari enam jam setiap harinya beresiko lebih tinggi mengidap kanker payudara, kanker ovarium serta kanker darah dibanding mereka yang duduk kurang dari tiga jam sehari.

Pada penelitian itu juga dijelaskan bagaimana perempuan yang duduk lebih dari enam jam sehari beresiko 37 persen meninggal dalam periode 13 tahun ke depan. Sedangkan laki - laki yang duduk lebih dari 6 jam sehari beresiko 17 persen lebih tinggi alami kematian.

Para peneliti tersebut mengatakan, "Banyak faktor yang bisa menjelaskan mengapa duduk terlalu lama bisa sebabkan kanker dan meningkatkan resiko kematian pada perempuan, salah satunya metabolisme". Para peneliti tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa duduk terlalu lama dapat menurunkan proses metabolisme sehingga bisa memicu berbagai penyakit kronis, salah satunya kanker yang mematikan.

Karena kondisi itulah, para peneliti itu mengimbau agar para pekerja kantoran menyempatkan waktu untuk berdiri atau berjalan - jalan si sekitar area kantor agar memiliki aktifitas fisik. Walaupun hanya sebentar saja, aktifitas fisik ini bisa menjaga metabolisme tubuh menjadi tidak terganggu.
Waspada, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Resiko Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri