4 Gejala Awal Kanker Payudara Yang Jarang Disadari

Salah satu penyakit mematikan yang sangat dihindari oleh para kaum hawa di dunia adalah kanker payudara. Ya, salah satu jenis kanker ini memerlukan proses penyembuhan yang terbilang sulit dan memerlukan biaya mahal. Sudah banyak wanita yang menjadi korban penyakit kanker payudara ini, bahkan tercatat bahwa jumlah angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini mencapai 40 ribu jiwa di seluruh dunia hanya dalam waktu satu tahun saja.

Gejala dari penyakit ini tidak bisa dengan mudah dikenali keberadaannya. Dan kebanyakan wanita baru menyadari dirinya terserang penyakit ini setelah memasuki stadium yang parah. Karena diketahui terlambat, proses penyembuhannya pun sangat sulit serta tidak bisa maksimal. Karena itulah, sangat penting mengetahui gejala kanker payudara ini sejak dini.

Gejala Awal Kanker Payudara Yang Jaran Disadari

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa gejala awal kanker payudara yang jarang disadari oleh kebanyakan wanita :

1. Benjolan pada payudara
Ini merupakan salah satu gejala yang paling mudah dikenali. Ya, saat anda menemukan benjolan yang tidak wajar pada payudara, sebaiknya anda mewaspadainya. Tapi sayangnya, tidak banyak wanita yang menyadari keberadaan benjolan tersebut. Pada dasarnya, di dalam payudara sendiri terdapat beberapa kalenjar otot yang membentuk seperti benjolan dan tidak berbahaya. Tapi tahukah anda, beberapa benjolan ynag ada pada payudara tersebut adalah pemicu kanker yang jarang disadari. 

2. Gatal di sekitar payudara
Pernahkah anda merasa gatal pada payudara anda? Umumnya, rasa gatal tersebut disebabkan karena seseorang kurang menjaga kebersihan tubuh maupun pakaiannnya. Tetapi jika anda sudah menjaga kebersihan dan tetap merasakan gatal pada payudara anda, bisa jadi kondisi tersebut adalah gejala awal dari kanker payudara ini. Lebih baik, anda segera memeriksakannya pada dokter jika gatal yang anda rasakan terus berkepanjangan.

3. Nyeri pada punggung
Saat anda merasakan nyeri pada punggung terutama jika sakit yang dirasakan terasa tembus sampai ke hulu hati serta dada, anda juga perlu mewaspadainya. Sebab, bisa jadi hal rasa sakit tersebut adalah gejala awal adanya resiko kanker payudara. Jika anda merasakan nyeri punggung berlebih, segera periksakan diri anda pada dokter untuk memastikan kesehatan anda.

4. Warna payudara menjadi kemerahan
Perubahan warna pada kulit payudara juga bisa menjadi pertanda dari kanker mematikan ini. Seseorang yang beresiko dengan kanke payudara tidak jarang akan memilikiwarna payudara yang sedikit kemerahan. Warna kemerahan tersebut seakan terlihat seperti memar dan terkadang terlihat tidak mulus lagi. Bahkan beberapa penelitian juga menyebutkan, sebagian besar orang yang menderita kanker payudara akan memiliki kulit payudara yang kemerah - merahan serta terlihat kasar seperti kulit buah jeruk.

Itulah  4 gejala kanker payudara yang jarang disadari oleh banyak wanita. Jika anda mendapati 4 gejala yang disebutkan diatas, lebih baik segera pastikan kesehatan anda dengan memeriksakannya ada dokter. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi