Tanda Wanita Saat Berada Dipuncak Masa Subur

Menghitung masa subur pada wanita sangat penting dilakukan jika mengharapkan kehamilan. Banyak wanita menghitung masa suburnya hanya berpatokan dengan saat berakhirnya menstruasi mereka.  Mereka hanya mempersepsikan, satu minggu setelah berakhirnya menstruasi merupakan waktu puncak masa subur mereka. Entah hal tersebut benar atau tidak.

Tanda Wanita Saat Berada Dipuncak Masa Subur

Berbicara mengenai masa kesuburan, baru - baru ini ada informasi menarik yang disebutkan oleh para peneliti dari Glasgow University. Mereka mengatakan bahwa, untuk mengetahui puncak masa subur wanita, ternyata bisa dilihat dari perubahan warna pipi yang bersemu merah. Pipi bersemu merah yang identik dengan sikap malu ini ternyata bisa menjadi pertanda seorang wanita berada dipuncak masa suburnya.

Para peneliti itu melihat adanya korelasi antara meningkatnya hormon seksual estradiol dengan warna kemerahan pada kulit wanita tersebut. Hormon estradiol ini dapat meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah yang dekat dengan permukan kulit. Hal inilah yang membuat kulit jadi tampak lebih merah.

Kepala tim peneliti Glasgow University, Professor Benedict Jones mengatakan "Ini bisa menjadi alasan mengapa perempuan tampak lebih sehat dan menarik ketika kulitnya sedang bersemu merah. Sebenarnya ini cara tubuh untuk memberitahu kalau seorang wanita sudah siap menjadi ibu secara fisik".

Estradiol merupakan hormon utama yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan siklus menstruasi dan membantu mencapai kematangan seksual. Hormon estradiol ini juga membuat teraturnya siklus reproduksi dan sangat berkaitan dengan mengontrol kehamilan secara hormonal.

Hormon akan mencapai tingkat tertinggi ketika kita berevolusi, dan saat itulah tubuh wanita  sedang menyiapkan diri untuk konsepsi. Penelitian ini dilakukan dengan memonitor perubahan warna kulit 116 wanita dengan usia 21 tahun selama 5 minggu.

Dalam penelitian tersebut, para wanita tersebut diminta untuk tidak menggunakan pil KB, mewarnai kulit dan produk pewarnaan kulit lainnya selama 5 minggu. Para wanita tersebut juga diminta untuk tidak terlalu banyak menggunakan riasan wajah untuk melihat perubahan warna kulitnya.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus