Awas, Penggunaan Pil KB Bisa Memberi 3 Efek Samping Ini!

Saat ini, di indonesia banyak beredar berbagai alat kontrasepsi. Dari beragam jenis kontrasepsi tersebut, yang paling familiar dan sering digunakan oleh banyak wanita adalah pil KB. Penggunaan jenis kontrasepsi berbentuk pil kecil ini, harus rutin diminum setiap hari selama sebulan. Pil KB dianggap sebagai alat kontrasepsi yang minim resiko kesehatan yang akan ditimbulkannya.

Kebanyakan orang memang beranggapan seperti itu. Tapi, apa benarkah seperti itu? Tahukah anda, sebuah ulasan yang di terbitkan di healthmeup.com mengungkapkan bahwa, penggunaan pil KB terutama untuk jangka panjang ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan. Salah satu efek sampingnya adalah penggumpalan darah, apalagi jika anda seorang perokok atau penderita tekanan darah tinggi.

efek samping penggunaan pil KB

Selain penggumpala darah, berikut dibawah ini adalah efek samping lainnya dari pemakaian kontrasepsi ini :
  • Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penggunan pil KB mampu meningkatkan resiko kanker payudara terutama di kalangan wanita yang masih berusia muda. Namun Resiko kanker payudara ini akan menurun setelah wanita tersebut menghentikan penggunaan kontrasepsi ini.
  • Penggunaan pil Kb selain bisa meningkatkan resiko kanker payudara, juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker ovarium dan endometrium.
  •  Penggunaan pil KB juga dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker serviks meskipun resiko peningkatan ini sebenarnya terjadi pada wanita yang aktif melakukan hubungan s*ksual dan terinfeksi virus HPV
Itulah 3 efek samping dari penggunaan pil KB jika digunakan dalam jangka panjang. Tapi kabar baiknya, penggunaan pil KB juga bisa membantu anda dalam mempertahankan kesubran dan mengurangi resiko gangguan rahim. Karena itulah, Ada baiknya sebelum anda memutuskan jenis kontrasespi yang akan anda gunakan, lebih baik berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter yang ahli. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus