Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Selasa, 28 Juli 2015

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Kembali Setelah Melahirkan

Setiap pasangan yang memutuskan untuk menikah pasti dengan tujuan ingin memperoleh keturunan. Kehadiran anak pasti sangat mereka nanti - nantikan. Terlebih bagi seorang ibu, proses kehamilan dari bulan ke bulan walaupun terasa merepotkan tidak menyurutkan semangatnya menunggu sang buah hati. Sebab, kehadiran sang buah hati akan menambah kebahagiaannya. 

Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan anak pertama, tidak jarang banyak ibu yang menginginkan untuk segera hamil kembali. Walaupun tidak ada larangan untuk hamil kembali, akan lebih baik jika anda mempertimbangkannya terlebih dahulu. Sebab, baru - baru ini seorang Konsultan Obsteri dan Ginekologi dari Mumbai, Dr. Rishma Dillon Pai menyarankan, jika ingin hamil kembali tunggu sampai tubuh benar - benar pulih dan semua nutrisi hadir kembali setelah digunakan pada kehamilan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan saat seorang wanita hamil, kadar kalsium, zat besi serta folat yang disimpan dalam tubuh dapat berkurang sehingga tidak baik bagi janin pada kehamilan berikutnya. Jadi lebih baik, tunggu setidaknya 18 bulan hingga dua tahun untuk hamil kembali.

Dr. Rishma mengatakan, "Volume darah harus kembali normal, karena ibu hamil berisiko mengalami anemia setelah melahirkan. Setelah melakukan penelitian, menunggu minimal selama 18 bulan hingga dua tahun resiko mengalami anemia dan berat bayi lahir rendah sangat kecil". Beliau menambahkan bahwa menunggu lebih dari lima tahun pada ibu yang lebih tua berisiko alami komplikasi selama kehamilan berikutnya.

Seperti yang dikutip Time Of India, Dr. Rishma mengatakan,"Pada wanita yang lebih tua . resiko mengalami komplikasi medis seperti diabetes akan lebih besar. Kehamilan berulang dalam kurun waktu satu tahun dari operasi caesar sebelumnya, meningkatkan resiko plasenta previa dan abruption yang tentunya berbahaya".

Tidak hanya itu, selang waktu kurang dari 6 bulan bisa membahayakan keduanya. Sang ibu bisa menderita anemia, plasenta previa dan solusio yang mengakibatkan pendarahan hebat selama kehamilan.

Jadi sebaiknya ketika anda akan merencanakan untuk hamil kembali setelah kelahiran anak pertama, sebaiknya beri tenggang waktu minimal 18 bulan hingga dua tahun sampai tubuh anda benar - benar pulih.

Baca juga :
Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Kembali Setelah Melahirkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri