6 Cara Mudah Dan Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Darah tinggi masih menjadi salah satu penyakit menakutkan bagi semua orang. Salah satu yang ditakutkan adalah potensi untuk terkena strok atau kelumpuhan pada sebagian atau bahkan keseluruhan tubuh penderita penyakit ini. Penyakit ini biasanya terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Umumnya, penyakit ini diketahui ketika tekanan darah berada diatas angka 80/120. Biasanya kondisi ini juga diikuti dengan tanda - tanda seperti pusing dan rasa sesak pada dada. Pola makan dan gaya hidup tak sehat disinyalir menjadi pemicu penyakit ini.

Cara Mudah Dan Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat - obatan yang disarankan dokter. Tapi tahukah anda, sering konsumsi obat apalagi secara terus menerus dan berlebihan justru bisa membuat tekanan darah makin tak normal dan kesehatan lain akan terganggu. Jika anda tidak mau mengonsumsi obat, anda bisa mengatasi tekanan darah tinggi ini dengan cara yang mudah dan alami berikut ini :

1. Konsumsi yougurt
Salah satu makanan sehat ini ternyata memiliki nutrisi khusus yang bisa menurunkan tekanan darah, tapi sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Para ilmuwan menemukan bahwa yougurt merupakan makanan kaya kalsium yang mampu membuat tekanan darah menjadi lentur. Makanan ini juga dipercaya sebagai makanan yang bisa memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

2. Jauhi rokok
Bukan rahasia lagi jika rokok merupakan sumber pemicu beragam penyakit berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Jika anda ingin tekanan darah dalam tubuh anda selalu normal, pastikan anda menjauhi rokok serta bebaskan pikiran dari stres berat. Tidak merokok akan membuat anda sehat secara keseluruhan.

3. Konsumsi kentang dan mentimun
Seorang profesor kedokteran di Northwestern University Feinberg School of Medis, Dr Linda van Horn PHD,RD mengungkapkan bahwa makan satu buah kentang dan mentimun saat menderita tekanan darah tinggi bisa membantu menurunkan tekanan darah secara perlahan. Jika dilakukan secara rutin setiap hari, tekanan darah anda akan kembali normal.

4. Jalan - jalan ringan
Menurunkan tekanan darah tinggi sangatlah mudah, bahkan hanya dengan jalan - jalan saja anda bisa membuat tekanan darah normal kembali. Hal ini sudah terbukti dari sebuah studi yang menyebutkan bahwa jalan - jalan ringan dan melakukan gerak tubuh akan memperlancar aliran darah keseluruh tubuh serta bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan dengan berjalan ataupun bergerak oksigen di dalam jantung akan bekerja dengan baik. Tentu kondisi ini bisa mempermudah anda untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

5. Buah pisang
Selain konsumsi kentang dan mentimun, makan buah pisang juga bisa membantu anda menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan hanya dengan konsumsi buah pisang setidaknya dua buah setiap harinya dipercaya dapat menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

6. Kurangi konsumsi garam
Salah satu pemicu tekanan darah menjadi naik adalah garam. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa oang - orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi adalah mereka yang sering mengonsumsi garam secara berlebihan. Bahkan seorang dokter dan ahli gizi di National Heart, Lung and blood menyatakan bahwa salah satu bahan dapur ini adalah pemicu tekanan darah seseorang meningkat.

Itulah 6 cara mudah dan alami untuk menurunkan tekanan darah tanpa harus mengonsumsi obat. Pastikan anda menerapkan semua tips diatas untuk membuat tekanan darah anda normal kembali. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus