5 Cara Sederhana Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Tekanan darah tinggi biasanya terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Penyakit ini sangat dihindari oleh semua orang, karena bisa menjadi faktor resiko utama untuk stroke, penyakit jantung, aneurisma arteri serta penyebab penyakit ginjal kronik. Umumnya, penyakit ini diketahui ketika tekanan darah berada diatas angka 80/120 dan diikuti dengan tanda - tanda seperti pusing serta rasa sesak pada dada.

Cara Sederhana Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengontrolnya untuk tetap stabil merupakan hal yang penting. Tak perlu harus dengan menggunakan obat - obatan, bahkan hanya dengan melakukan beberapa cara sederhana dibawah ini, anda bisa menurunkan tekanan darah anda serta menjaganya tetap stabil :

1. Perbaiki pola makan
Pola makan yang tidak sehat disebut - sebut menjadi faktor penyebab tekanan darah naik. Karena itulah, mulai sekarang coba perbaiki pola makan anda. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kalium seperti tomat, jus jeruk, kentang, pisang serta yang lainnya. Gunakan juga sedikit garam dalam masakan anda. Mengurangi asupan garam setiap harinya bisa membuat perbedaan besar bagi kesehatan anda.

2. Kurangi pekerjaan dan bersantailah
Rutinitas pekerjaan di kantor setiap harinya terkadang bisa membuat seseorang jenuh sehingga akhirnya bisa timbul stres. Stres inilah yang bisa memicu tekanan darah menjadi naik. Cobalah jika memang pekerjaan dikantor anda sedang tak banyak, kurangi jumlah jam kerja yang anda habiskan dikantor. Bekerja terus di kantor bahkan hingga lembur membuat anda sulit berolahraga dan makan sehat. Jangan lupa juga, belajarlah untuk bersantai misalnya dengan mendengarkan musik yang menenangkan seperti musik klasik.

3. Berjalan cepat
Melakukan olahraga seperti berjalan cepat, selain bisa memaksimalkan jantung menggunakan oksigen lebih efisien, juga bisa menurunkan tekanan darah anda. Jika anda punya waktu, cobalah lakukan jalan cepat ini setidaknya 4 kali dalam seminggu secara rutin.

4. Menarik nafas dalam - dalam
Memang terdengar sangat sepele, tapi teknik pernafasan dan meditasi seperti menarik nafas dalam - dalam bisa menurunkan tekanan darah anda. Hal ini dikarenakan teknik pernafasan seperti ini bisa mengurangi stres secara drastis sehingga bisa mejaga tekanan darah anda tetap normal. Coba lakukan menarik nafas dalam - dalam selama sekita 10 menit setiap pagi serta malam hari.

5. Konsumsi dark chocolate
Jika anda mengidap tekanan darah tinggi, cobalah konsumsi makanan yang satu ini. Ya, dark chocolate memiliki banyak flavonol yang bisa membuat pembuluh darah lebih elastis. Untuk lebih mendapatkan manfaatnya, konsumsi dark chocolate yang mengandung setidaknya 70 persen kakau.

Itulah 5 cara sederhana menurunkan tekanan darah secara alami yang bisa anda lakukan.  Jangan lupa juga, rubah pola makan dan terapkan pola hidup sehat dari sekarang agar tekanan darah anda tidak naik. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus