5 Kebiasaan Tak Terduga Yang Bisa Buat Anda Susah Tidur

Pernahkan anda merasa susah memejamkan mata ketika malam hari? Ya, kadangkala ketika anda sudah merebahkan tubuh di ranjang, mata anda sulit juga untuk dipejamkan. Insomnia seperti ini bisa terjadi pada siapa saja. Anda tentu tidak ingin melewatkan malam dengan begadang begitu saja, kan? Apalagi keesokan harinya anda dituntut dengan beragam aktifitas yang harus anda selesaikan. Tentu aktifitas tersebut tidak akan berjalan lancar jika anda merasa ngantuk karena tidak bisa tidur semalaman. 

Ingat, tidur yang cukup merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan tubuh untuk proses kelancaran metabolisme. Kurang tidur hanya akan membuat anda sistem metabolisme tubuh anda menurun, beragam penyakit pun akan mudah datang.
 
5 Kebiasaan Tak Terduga Yang Bisa Buat Anda Susah Tidur

insomnia atau susah tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah dari makanan yang anda konsumsi serta beberapa kebiasaan tak terduga. Nah, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa membuat anda susah tidur :

1. Jam makan malam yang tak teratur
Sebuah studi menunjukkan bahwa kebiasaan makan yang tidak konsisten turut memberikan dampak negatif pada tidur malam. Jika anda terbiasa makan malam, misalnya pada jam 8 malam , maka tak jadi masalah jika dilakukan secara rutin. Tapi, jika suatu waktu anda terpaksa makan terlambat atau hingga larut malam, maka kemungkinan pada malam harinya anda akan terjaga dan kesulitan tidur.

2. Makan permen mint
Sebuah penelitian lainnya menunjukkan bahwa aroma pepermint bisa merangsang otak yang kemudian dapat membuat anda merasa lebih terjaga. Jika anda hobi mengonsumsi perment pada malam hari, cobalah hindari permen dengan rasa ini agar anda tidak kesulitan tidur.

3. Membaca buku
Membaca buku ketika malam hari terutama ketika sudah rebahan diranjang memang menyenangkan, apalagi jika buku yang dibaca adalah buku kesenangan. Tetapi sebaiknya anda menghindari baca buku yang memiliki kisah menarik dan emosional. Kebiasaan membaca buku dengan kesan berat seperti itu dapat membuat kualitas tidur menjadi buruk, anda pun bisa sulit untuk memejamkan mata anda. Cobalah baca buku yang ringan seperti majalah hiburan atau yang lainnya.

Rokok bisa membuat anda susah tidur? Apa hubungannya? Anda mungkin akan bertanya - tanya seperti itu. Tapi ada benarnya, hal ini dikarenakan kandungan nikotin pada rokok merupakan salah satu stimulan yang bisa membuat anda menjadi sulit tidur. Jadi sebaiknya, hindari kebiasaan merokok ini sebelum tidur.

5. Mandi air dingin
Jika anda ingin segera terlelap saat akan tidur, cobalah hindari mandi dengan air dingin ketika sudah malam hari. Air dingin memang dapat membantu menutup pori - pori, tetapi juga dapat merangsang tubuh melepaskan energi sehingga tubuh akan tetap terjaga. Jika suhu sedang panas, dan anda ingin madi atau sekedar mencuci muka sebelum tidur, sebaiknya gunakan air hangat saja.

Itulah 5 kebiasaan tak terduga yang bisa buat anda sulit tidur. Cobalah hindari semua kebiasaan diatas agar anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Anda pun bisa bangun dengan tubuh segar keesokan harinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi