4 Cara Mudah Mencegah Kebotakan Pada Pria

Botak pada usia muda? Oh, Tidak! anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada anda, bukan? Ya, salah satu masalah rambut yang paling dihindari oleh banyak pria adalah kebotakan. Banyak hal yang bisa menyebabkan kebotakan terjadi, tetapi faktor genetislah yang disebut - sebut menjadi faktor utama masalah ini.

Cara Mudah Mencegah Kebotakan Pada Pria

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Tenang saja, bukan berarti kondisi ini tidak bisa dicegah. Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan beberapa tips mudah dibawah ini :

1. Kurangi stres
Kerontokan rambut pada jangka pendek biasanya disebabkan karena stres. Masalah ini dikenal sebagi Alopecia areata. Kondisi ini menyebabkan kebotakan pada area tertentu di kepala. Ketika pria mengalami stres berat, sistem imun dalam tubuh bisa menyerang folikel rambut. Alopecia areata ini hanya bersifat sementara, biasanya rambut akan kembali tumbuh setelah stres teratasi.

2. Terapkan pola makan sehat
Sama halnya dengan tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan menjadi sehat. Kurangi konsumsi gula yang menjadi penyebab utama diabetes. Sebab beberapa peneliti menemukan bahwa pria yang menderita diabetes serta hipertensi lebih cenderung mengalami kebotakan. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan vitamin untuk cegah kebotakan pada rambut anda.

3. Hindari merokok dan sinar matahari
Sebuah studi yang dilakukan pada 66 pasangan pria kembar American Society of astic Surgery pada tahun 2011 lalu menunjukkan bahwa merokok serta paparan sinar matahari menjadi penyebab kebotakan rambut selain faktor genetis yang menimpa pria.

4. Atasi masalah ketombe
Salah satu masalah rambut dan kulit kepala lainnya yang menjadi momok bagi banyak pria atau wanita adalah ketombe. Ya, walaupun terlihat sepele masalah rambut seperti ketombe ini bisa menyebabkan menipisnya rambut pria. Jika dibiarkan tentu bisa membuat anda mengalami kebotakan. Segera atasi ketombe tersebut dengan menggunakan obat atau shampo yang banyak dijual dipasaran.

Itulah 4 tips mudah mencegah kebotakan pada pria. Jangan lupa, konsumsi juga makanan kaya nutrisi serta vitamin karena selain bisa membuat tubuh anda sehat, juga bisa mencegah rambut anda dari kebotakan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi