5 Penyebab Diare Menyerang Anda Secara Tiba - Tiba

Diare merupakan penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. bahkan di negara berkembang, penyakit ini menjadi penyebab kematian paling umum kematian balita dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya (wikipedia).

Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya serangan bakteri tertentu serta juga dipengaruhi dari makanan yang anda konsumsi. Lalu, bagaimana jika anda mengalami penyakit ini secara tiba - tiba tanpa diketahui penyebabnya?

Penyebab Diare Menyerang Anda Secara Tiba - Tiba

Setidaknya ada beberapa penyebab diare secara tiba - tiba menyerang anda, seperti berikut yang dilansir dari dari Men's Health :

1. Ditempeli parasit
Ketika anda terserang diare tanpa diketahui penyebabnya, bahkan hingga berminggu - minggu, bisa jadi terdapat giardia dalam tubuh anda. Giardia ini merupakan suatu parasit pencernaan yang banyak ditemukan di Amerika, terutama di perairan air tawar. Parasit ini bisa masuk ke dalam tubuh jika orang yang bersangkutan minum air yang tidak dimasak di alam bebas.

2. Minum minuman keras
Minuman keras dengan alkohol tinggi di dalamnya mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga saat diminum, terjadi proses fermentasi dalam usus, pergerakannya akan menimbulkan gas dan mendorong diare. Alkohol juga memiliki efek stimulan terhadap saluran pencernaan sehingga bisa mendorong otot - otot di dalam usus agar bekerja lebih cepat.

3. Sorbitol
Sorbitol merupakan pemanis buatan yang banyak ditemukan dalam produk - produk makanan bebas gula seperti obat batuk, permen karet dan lainnya. Saat senyawa ini tertelan, maka akan menarik air ke dalam saluran pencernaan sehingga memicu diare.

4. Olahraga berat
Melakukan olahraga tertentu terutama olahraga berat seperti angkat beban, lari taupun bersepeda jauh juga bisa menyebabkan diare lho. Hal ini dikarenakan ketika malakukan olahraga semacam itu, suplai darah yang seharusnya dikirim ke saluran pencernaan justru diambil oleh otot, sehingga otot perut menjadi kram dan memicu diare.

5. Antibiotik
Kesalahan mengonsumsi obat - obatan seperti antibiotik bisa mengubah susunan bakteri di dalam usus dan menyebabkan ketidakseimbangan antara bakteri jahat dengan bakteri baik, sehingga tubuh memproses makanan dengan cara berbeda dari biasanya sehingga bisa menyebabkan diare.

Itulah 5 penyebab diare menyerang anda secara tiba - tiba. Jika terjadi pada anda, lebih baik segera memeriksakannya ke dokter agar anda memperoleh penanganan lebih cepat, diare yang anda derita pun bisa cepat disembuhkan. Semogabermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus