5 Efek Samping Minum Teh Hijau Secara Berlebihan

Siapa yang tidak mengenal teh hijau. Minuman ini sudah sejak dahulu dikenal sebagai minuman herbal yang menyehatkan. Kandungan berbagai nutrisi di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Teh ini juga menjadi favorit di kalangan orang yang sedang melakukan program diet.

Tapi tahukah anda, dibalik manfaatnya yang luar biasa itu ternyata teh hijau juga bisa memberi efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Seperti yang dilansir Boldsky, berikut dibawah ini adalah beberapa efek sampingnya :

Efek Samping Minum Teh Hijau Secara Berlebihan

1. Gangguan pencernaan
Terlalu berlebihan minum teh hijau bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung tannin yang bisa merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. 

2. Ubah suasana hati
Mengonsumsi teh hijau yang juga mengandung kafein secara berlebihan bisa membuat orang merasa kerap cemas dan mengalami perubahan suasana hati yang tidak biasa.

3. Denyut jantung tak beraturan
Kandungan kafein pada teh hijau selain bisa ubah suasana hati anda, juga bisa menyebabkan denyut jantung tak beraturan, insomnia, buang air kecil yang berlebihan, mual, sakit perut, diare serta dengung pada telinga.

4. Terserapnya gizi dalam tubuh
Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau secara berlebihan maka zat besi yang masuk kedalam tubuh akan berkurang.

5. Gangguan hormon
Minuman yang bermanfaat untuk diet serta kaya antioksidan ini dapat menyebabkan gangguan sekreasi hormon oleh kalenjar jika diminum dalam jumlah yang berlebihan.

Baca juga :
Itulah 5 efek samping minum teh hijau secara berlebihan. Tidak hanya teh hijau, segala sesuatu jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Ingin manfaat teh hijau secara maksimal, konsumsilah sewajarnya saja. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus