4 Masalah Kesehatan Akibat Sering Minum Air Es

Minum air es di saat cuaca terik dan panas tentu sangat menyegarkan. Banyak orang yang menyukai minuman ini, apalagi ketika mereka habis melakukan pekerjaan yang berat - berat, minum air dingin seperti air es dengan tambahan suplemen energi bisa membuat mereka segar kembali. 

Minum air es memang boleh - boleh saja, tetapi sebaiknya janganlah terlalu sering sebab bisa memberi efek buruk pada tubuh dan banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Seperti yang dilansir Health site, berikut dibawah ini adalah 4 masalah kesehatan akibat sering minur air es :

Masalah kesehatan akibat sering minum air es

1. Kehilangan nutrisi tubuh
Normalnya, temperatur tubuh manusia berada di kisaran 36 - 37 'C. Namun saat anda mengonsumsi air yang terlalu dingin membuat tubuh anda harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur dan membuat suhu tubuh normal kembali. Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap nutrisi dan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Saat minum air es, energi yang sudah terkuras, tubuh anda tidak akan bisa menyerap nutrisi lagi secara maksimal.

2. Detak jantung menjadi pelan
Masalah kesehatan akibat sering minum air es selanjutnya adalah bisa membuat detak jantung menjadi pelan daripada biasanya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minum air es bisa merangsang saraf vagus. Saraf ini sangat penting untuk mengontrol aktifitas tak sadar rubuh seperti detak jantung. Kinerja saraf ini akan terganggu saat anda minum air es, sehingga menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan.

3. Mengganggu pencernaan
Mengonsumsi air es diketahui juga bisa mengganggu proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air es bisa menyempitkan pembuluh darah. Akibatnya, tubuh anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang anda konsumsi. jika sudah begitu, nutrisi dari makanan yang anda konsumsi akan habis dan hilang sebelum di serap oleh tubuh.

4. Memicu radang tenggorokan
Minum air es yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Hal ini tentu akan berdampak pada saluran tenggorokan yang akan lebih mudah dan rentan terkena infeksi dan radang tenggorokan.

Itulah 4 masalah kesehatan akibat terlalu sering minum air es. Boleh - boleh saja anda minum air es seperti itu, tetapi janganlah terlalu berlebihan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus