8 Indikator Tubuh Anda Sedang Tidak Sehat

Ketika tubuh anda  sedang dalam kondisi sehat dan bugar, anda tentu bisa melakukan hal apa saja tanpa masalah. Hal ini menandakan bahwa tubuh anda sedang dalam kondisi yang prima. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar seperti itu, pastinya harus diimbangi dengan olahraga yang teratur serta pola hidup yang sehat.

Lalu, bagaimana jika kondisi tubuh sedang drop atau tidak sehat? Anda tentu tidak bisa bebas beraktifitas, tubuh yang lemah serta mudah lelah akan mengganggu aktifitas anda. Setidaknya ada beberapa indikator yang menandakan bahwa tubuh anda sedang tidak sehat. Dengan mengetahui tanda - tanda tersebut, anda bisa mengetasinya sesegera mungkin.


Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa indikastor tubuh anda sedang tidak sehat seperti yang dilansir oleh Idiva :

1. Urine berwarna kuning
Saat anda buang air kecil dan urin yang dikeluarkan berwarna kuning, bisa dipastikan anda sedang kekurangan cairan. Jika anda minum air yang cukup dan terhidrasi dengan baik, maka air seni yang anda keluarkan tidak akan berwarna kuning. Tetapi jika anda sudah memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup, urine yang dikeluarkan masih berwarna kuning, lebih baik anda segera memeriksakan ginjal anda. (Baca juga : ketahui gejala penyakit dari air seni yang dikeluarkan)

2. Kulit gatal
Ketika anda mempunyai masalah kulit seperti gatal - gatal, kemudian sudah anda obat dengan menggunakan salep dan belum juga menghilang, lebih baik anda segera mengkonsultasikannya dengan dokter ahli. Bisa jadi gejala tersebut merupakan pertanda penyakit liver.

3. Sesak nafas
Ketika anda mudah lelah seperti sering sesak nafas ketika berjalan jauh ataupun ketika sedang naik turun tangga, kemungkinan besar stamina anda sedang berada pada titik terendah. Perbanyak gerak tubuh seperti melakukan olahraga lari agar tubuh anda kembali fit.

4. Bibir pecah - pecah
Ketika anda mendapati bibir anda sering kering dan pecah - pecah tanpa alasan yang jelas bisa dipastikan anda sedang kekurangan vitamin B12. Ketika tubuh kekurangan vitamin B12 ini, selain menyebabkan bibir kering dan pecah - pecah juga bisa menyebabkan penyakit anemia serta kelemahan.

5. Munculnya masalah kulit
masalah kulit seperti jerawat terkadang bisa disebabkan karena pneggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit. Selain itu, munculnya jerawat dan gangguan kulit lainnya juga disebabkan karena anda sedang stres. Pergilah berlibur untuk merefresh pikiran anda sampai tenang kembali,

6. Sering mendengkur
Mendengkur saat tidur memang hal yang biasa. Tetapi jika anda sering mendengkur, anda juga jangan menyepelekannya. Bisa jadi, dengkuran yang anda alami berkaitan dengan kondisi sleep apnea. Apnea ini merupakan gangguan tidur yang terjadi ketika ada obstruksi pada saluran nafas anda. Hal ini bisa meningkatkan resiko hipertensi pulmonal serta bisa menyebabkan resiko gagal jantung.

7. Pilek
Musim hujan memang identik dengan dengan penyakit pilek. Tetapi jika anda sering menderita penyakit ini, bisa jadi sistem kekebalan tubuh anda sedang menurun. Perbanyaklah mengonsumsi vitamin C untuk mengatasi masalah ini.

8. Sering kelelahan
Merasa lelah setelah melakukan berbagai macam aktifitas adalah hal yang wajar. Tetapi jika anda sering merasa lelah tanpa melakukan suatu hal dan tanpa alasan yang jelas bisa berarti anda memiliki masalah tiroid.

Itulah 8 indikator tubuh anda sedang tidak sehat. Untuk menghindarinya, cobalah lakukan pola hidup sehat serta perbanyak konsumsi makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi