5 Manfaat Mengonsumsi Pare Bagi Kesehatan

Pare atau yang di daerah jawa dikenal sebagi peria merupakan tanaman merambat yang berasal dari wilayah asia tropis, terutama daerah india bagian barat. Menurut Wikipedia, tanaman yang tergolong dalam suku labu - labuan (cucurbetaciae) ini, biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. Bahkan di negara - negara asia timur seperti jepang, korea dan cina, pare sudah dimanfaatkan untuk pengobatan terutama sebagai obat gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar bahkan sudah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal atau jamu.

Manfaat Mengonsumsi Pare Bagi Kesehatan

 Pare yang dikenal dengan rasanya yang pahit ini memang tidak begitu terkenal seperti sayuran jenis lainnya seperti sawi, kubis atau sayuran lainnya. Tapi tahukah anda, dibalik rasanya yang pahit itu, pare mengandung nutrisi penting dan zat yang menyehatkan. Nah, berikut dibawah ini adalah 5 beberapa manfaat mengonsumsi pare bagi kesehatan :

1. Dapat menurunkan berat badan
Jika anda sedang diet, mengonsumsi makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan anda dengan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam pare lebih sedkit sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika diet. Bahkan, sebuah penelitian yang dilansir Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan pare akan lebih cepat ketika menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan sistem imun pada tubuh
Kandunga vitamin C dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Zat anti virus yang terkandung di dalamnya juga bisa memperkuat sistem imun serta mengaktifkan sel pembununh yang melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

3. Menjaga kesehatan mata
Selain vitamin C, pare juga mengandung Beta karoten dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin C-nya juga bermanfaat untuk mencegah masalah pada mata yang disebabkan oleh proses oksidasi. Bahkan, resiko katarak dan degenerasi makula yang sering terjadi pada manula bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan ini.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat buah pare bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan pencernaan anda. Kandungan Cellulose dalam sayuran ini bisa meningkatkan kesehatan pencernaan serta bisa mencegah konstipasi. Tidak hanya itu saja, zat antihelmenthic juga bisa membunuh cacing atau infeksi dalam perut.

5. Baik untuk penderita diabetes
Jika anda mengidap diabetes, mengonsumsi sayur pare yang mengandung vicine di dalamnya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, pare juga mengandung polypeptide P yang memiliki efek sama seperti insulin yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat gula darah bagi penderita diabetes.

Itulah 5 manfaat sehat mengonsumsi pare bagi kesehatan. Rasa pahit pada pare bisa anda netralisir jika anda tahu cara memasaknya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus