5 Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Earphone

Seringkah anda menggunakan earphone? Ya, alat yang satu ini memang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mendengarkan musik maupun suara melalui gadget yang mereka gunakan. Tapi tahuakah anda, dibalik kenyamanannya ternyata menggunakan earphone yang terlalu sering berdampak buruk bagi kesehatan terutama kesehatan telinga anda.

Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Earphone

Seperti yang dilansir Health Site, berikut dibawah ini adalah 5 bahaya akibat penggunaan earphone yang terlalu sering bagi kesehatan anda:

1. Sakit telinga
Terlalu sering menggunakan earphone bisa menyebabkan sakit pada telingan. Nahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering menggunakan earphone maupun headphone cenderung lebih serin mengalami rasa sakit pada telinga mereka. Karena masalah pada telinga tersebut, mereka cenderung lebih sering juga memeriksakan diri ke dokter.

2. Kehilangan pendengaran
Ketika anda menggunakan earphone, disarankan hanya sekitar 15 menit saja setelah itu istirahatkan telinga anda sebentar sebelum menggunakan earphone lagi. Sebab, jika menggunakan terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga dan jika lebih parah, anda bisa kehilangan pendengaran anda.

3. Efek pada otak
Ini yang paling membahayakan. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dan keluar dari earphone atau headphone yang anda gunakan sangat berbahaya untuk otak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu sering menggunakan earphone dan headphone lebih rentan terkena masalah pada otak mereka.

4. Penyumbatan saluran telinga
Design earphone yang kecil dan menutupi telinga sepenuhnya membuat tertutupnya jalannya udara menuju telinga. Nah, jika anda terlalu lama menggunakannya maka bisa menyebabkan infeksi telinga, menumpuknya kotoran telinga bahkan yang lebih parah anda akan kehilangan pendengaran anda.

5. Infeksi telinga
Jika anda mempunyai kebiasaan sering menggunakan earphone secara bergantian dengan teman maupun keluarga anda, anda perlu mewaspadainya. Sangat besar kemungkinannya anda bisa mengalami infeksi telinga. Hal ini dikarenakan bakteri pada telinga mereka berpindah ke telinga anda sehingga bisa menyebabkan infeksi telinga. (baca juga : Cara mengobati infeksi telinga)

Itulah 5 bahaya akibat terlalu sering menggunakan serphone bagi kesehatan anda. Seperti yang disarankan diatas, gunakanlah earphone tidak lebih dari 15 menit, kemudian istirhatkan telinga anda sebelum menggunakannya lagi. Atau jika anda bisa, jangan terlalu sering menggunakan alat ini. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus