Cara Mengobati Infeksi Telinga

Cara Mengobati Infeksi Telinga - Telinga merupakan sarana kita untuk mendengarkan bunyi atau suara dari luar. Untuk itulah, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan telinga kita. Tidak bisa kita bayangkan apabila ada masalah dengan telinga? Bagaimana kita dapat berinteraksi dengan orang lain bila kita tidak dapat mendengar?

Meskipun kita sudah berusaha optimal menjaga kesehatan telinga, tapi tetap saja ada gangguan yang menyerang telinga, seperti telinga berdenging dan infeksi. Gangguan seperti ini bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak - anak dan orang dewasa. Gangguan yang paling umum menyerang orang adalah infeksi telinga.

Cara Mengobati Infeksi Telinga

Infeksi telinga adalah masalah yang sering terjadi disemua kalangan seperti yang saya sebutkan diatas. Biasanya, infeksi ini menyebabkan telinga membengkak dan menimbulkan rasa sakit. Mengobati infeksi telinga dibutuhkan untuk mencegah rasa sakit dan pembengkakan tersebut.

Tetapi anda jangan terlalu khawatir, anda dapat mengobati infeksi telinga dengan berpedoman pada tips dibawah ini :

1. Minum obat - obatan
Jika ada infeksi pada bagian luar telinga, anda dapat menggunakan salep untuk membantu meringankan rasa sakit. tetapi apabila infeksi terjadi di bagian dalam telinga, maka anda perlu mengonsumsi obat yang diresepkan dokter.

2. Kompres dengan air hangat
Anda dapat mengompres bagian yang infeksi atau bagian luar telinga ketika telinga anda bengkak. Mengompres dengan air hangat akan membuat pembengkakan telinga turun drastis.

3. Hindari stres dan perbanyak istirahat
ketika anda mengalami infeksi pada telinga sebaiknya jangan terlalu sering pergi keluar rumah. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan air dan angin. Selain itu juga, jangan terlalu mengambil beban kerja yang berat, karena bisa memicu stress, hal ini akan memicu resiko infeksi telinga.

4. Hindari telepon
Anda mungkin tidak bisa lepas dari perangkat komunikasi, tetapi ketika anda sedang mengalami infeksi telinga sebisa mungkin anda harus menghindari menelepon langsung melalui telinga. Suara langsung dari decibel yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

Itulah beberapa tips untuk mengobati infeksi telinga. Jika infeksi telinga anda semakin parah, ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter telinga. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus