Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

Manfaat buah srikaya bagi kesehatan - Pernahkah anda mengonsumsi buah srikaya? Ketika sudah masak, buah ini rasanya sangat legit dan dan menyegarkan. Sangat cocok di konsumsi ketika siang hari, apalagi jika disajikan dalam keadaan yang dingin dan segar. Sangat menggiurkan!

Srikaya atau yang dikenal juga sebagai buah nona adalah tanaman yang tergolong ke dalam genos annona yang berasal dari daerah tropis. Buah ini mempunyai bentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak) dengan daging berwana putih.

Di indonesia sendiri, buah srikaya sangat mudah ditemukan. Tahukah anda, dibalik rasanya yang manis dan meyegarkan ternyata buah ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan dalam buah ini banyak terkandung zat anti oksidan seperti vitamin C. Anti oksidan ini sangat bermanfaat untuk membantu menyingkirkan radikal bebas di dalam tubuh.

manfaat buah srikaya bagi kesehatan

Tidak hanya itu saja, buah srikaya juga terbukti mengandung mineral lainnya selain vitamin C tadi, diantaranya seperti kalsium, magnesium, zat besi, potasium dan niasin. Semua mineral tersebut merupakan unsur yang penting untuk membuat tubuh anda tetap sahat dan bugar.

Apa hanya itu saja manfaat srikaya bagi kesehatan? Tentu saja tidak, buah ini masih menyimpan banyak manfaat lainnya. Dan berikut dibawah ini adalah manfaat srikaya bagi kesehatan yang lainnya :

1. Bisa menyembuhkan asma
Kandungan vitamin B6 pada srikaya sangat tinggi. Vitamin inilah yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan paru - paru dan menyembuhkan asma.

2. Bisa meningkatkan kesehatan pencernaan
Buah ini juga banyak mengandung serat dan tembaga, dimana kedua zat ini baik untuk memudahkan buang air besar dan menyehatkan pencernaan anda.

3. Menjaga tekanan darah
Manfaat buah srikaya bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini dikarenakan pada buah ini banyak mengandung potasium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah anda tetap normal.

4. Bisa menambah berat badan
Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Buah ini bisa membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh anda, sehingga jika anda mengonsumsi buah srikaya secara rutin maka akan bisa menaikkan berat badan anda. Anda bisa membuat minuman yang terbuat dari campuran srikaya, madu dan susu.

5. Mengobati anemia
Jika anda menderita anemia tau kurang sel darah merah, disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Sebab buah ini, selain mengandung zat besi, juga berfungsi sebagai stimulan, ekspektoran dan haematnic. Semuanya bermanfaat untuk mengobati penyakit anemia.

6. Mencegah kanker
Manfaat buah srikaya bagi kesehatan yang lainnya adalah bisa mencegah kanker. Ha ini dikarenakan kandungan zat acetogenin dalam buah ini membantu untuk mencegah kanker terutama kanker kulit.

7. Menyehatkan mata
Kandungan vitamin C dan riboflavin dalam buah srikaya sangat baik untuk kesehatan mata. Zat ini juga bermanfaat memerangi radikal bebas yang mampu merusak kesehatan penglihatan anda.

8. Menyehatkan jantung
Kandungan magnesium dalam buah ini baik untuk kesehatan jantung sebab mampu mencegah jantung dari serangan penyakit jantung.

9. Baik untuk kehamilan
Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu - ibu yang sedang hamil. Jika anda mengonsumsi buah ini ketika sedang dalam masa kehamilan, maka manfaatnya sangat baik untuk kesehatan otak, sistem syaraf, dan sistem kekebalan tubuh pada janin yang anda kandung. Selain itu, buah ini juga mampu mengurangi resiko keguguran.

10. Menyehatkan gigi dan mulut
Manfaat buah srikaya bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menyehatkan gigi dan mulut. Terutama kulit srikaya yang membantu untuk memerangi sakit gigi dan gusi.

11. Menurunkan kolesterol
Pantas saja kalau buah ini disebut sebagai buah kaya manfaat, selain bermanfaat untuk semua hal yang disebutkan diatas ternyata buah ini juga bisa menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan niasin dan serat makanan didalam buah srikaya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Itulah 11 manfaat buah srikaya bagi kesehatan. Semoga setelah membaca artikel ini dan mengetahui semua manfaat buah srikaya, anda yang sebelumnya tidak menyukai buah ini, mulai tertarik untuk mencoba mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus