Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Senin, 15 September 2014

Tanda - Tanda Tubuh Mulai Kekurangan Serat

Tanda  - tanda tubuh kekurangan serat - jika anda ingin tubuh yang sehat, tentunya anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Tubuh yang sehat biasanya terbentuk karena terpenuhinya zat - zat yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, cairan maupun serat.

Zat - zat tersebut masing - masing memiliki peranan penting dalam tubuh anda, terutama serat. Serat berperan penting dalam proses pencernaan manusia. Salah satu fungsi serat dalam pencernaan adalah membantu penyerapan glukosa sehingga gula yang masuk ke dalam sel - sel darah akan melambat dan menjaga tingkat gula darah yang normal. Selain itu, serta juga akan menghasilkan asam organik yang penting dan berguna untuk memelihara kesehatan usus anda.

Tanpa anda sadari, setiap harinya anda kurang mengonsumsi serat. Setidaknya setiap hari seseorang harus mengonsumsi serat sebanyak 40 gram serat. Bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi apabila tubuh anda kekurangan serat? Seperti yang dijelaskan di atas, tentu akan muncul masalah pada sistem pencernaan anda.

Tanda tubuh kekurangan serat

Tubuh biasanya akan mengirimkan sinyal atau tanda - tanda ketika mulai kekurangan serat. Seperti apa tanda - tandanya? Berikut dibawah ini adalah tanda - tanda tubuh kekurangan serat seperti yang dilansir dari Care2 :

1. Merasa lapar
Ketika tubuh anda kekurangan serat maka itu akan membuat anda lebih mudah lapar. Hal ini akan merugikan anda ketika sedang berusaha menurunkan berat badan. Biasanya orang mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, namun tidak mengandung banyak serta seperti roti putih. Ini akan membuat mereka lebih mudah lapar lagi.

2. Kolesterol meningkat
Tanda - tanda tubuh anda mulai kekurangan serat berikutnya adalah Jumlah kolesterol anda akan meningkat. Serat yang terlarut dalam air akan mengikat zat berbahaya seperti kolesterol serta racun lainnya yang membahayakan tubuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi banyak serat akan menurunkan tingkat kolesterol buruk hingga 60 sampai 70 persen.

3. Konstipasi
Tanda - tanda paling umum dan mudah dikenali ketika tubuh mulai kekurangan serat adalah konstipasi. Kekurangan serat akan mempengaruhi pergerakan usus anda. Anda membutuhkan serat yang larut untuk menjaga usus anda bergerak secara teratur dan pencernaan anda akan menjadi lancar.

4. Berat badan bertambah
Salah satu tanda kekurangan serat yang lainnya adalah berat badan anda akan bertambah. Serat akan membuat anda lebih cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama. Bahkan sebuah penelitian yang dilansir dalam Nutrition Review mengatakan bahwa mengonsumsi serat akan membantu anda mengurangi rasa lapar. Intinya, dengan mengonsumsi serat yang cukup akan membantu menurunkan berat badan anda.

Itulah tanda - tanda tubuh ketika mulai kekurangan serat. Setelah mengetahui informasi dalam artikel ini, semoga anda bisa lebih memilih ketika mengonsumsi sesuatu, terutama makanan yang banyak mengandung serat. Semoga bermanfaat.
Tanda - Tanda Tubuh Mulai Kekurangan Serat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri