5 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan - Apa yang biasanya anda lakukan sehabis makan? Setiap orang tentu memiliki jawaban yang berbeda - beda, tergantung dari kebiasaan yang biasanya sering mereka lakukan. Tapi untuk kebanyakan kaum pria, aktifitas yang paling sering dilakukan setelah makan adalah merokok. Anda tidak percaya? Coba saja amati secara langsung.

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan

Perlu anda ketahui, Jenis makanan serta pola makan yang anda lakukan menyumbang peranan besar dalam kesehatan tubuh anda. Makanan yang tidak dicerna secara sempurna bisa mengganggu kesehatan pencernaan anda serta bisa menimbulkan gangguan kesehatan di kemudian hari. Untuk itulah, anda perlu menghindari melakukan beberapa hal dibawah ini ketika anda selesai makan :
 
1. Minum teh
Kedengaran aneh memang jika minum teh juga dilarang untuk dilakukan sehabis makan, padahal minuman ini bisa dibilang sebagai pelengkap setelah makan. Tapi tahukah anda, minum teh setelah makan memiliki efek buruk tersendiri pada sistem pencernaan anda. Minuman ini bisa membuat tubuh anda tidak bisa menyerap zat besi dari makanan. Kandungan asam di dalam teh juga akan mengganggu penyerapan protein dalam makanan. Karena itulah, anda sebaiknya menghindari minum teh setelah anda makan. 

2. Mandi
Kegiatan lainnya yang sebaiknya tidak anda lakukan setelah makan adalah mandi. Perlu anda tahu, Aliran darah biasanya banyak terkumpul di saluran pencernaan setelah anda makan. ketika anda mandi, tubuh menjadi dingin dan ini tidak membantu makanan tercerna dengan baik. Ujung - ujungnya anda akan mengalami gangguan atau masalah kesehatan.

3. Jalan kaki
Berjalan - jalan sehabis makan sebaiknya juga anda hindari. Karena jalan kaki setelah makan mampu menyebabkan refluks asam dalam sistem pencernaan anda. Tidak hanya itu saja, jalan kaki juga mampu mencegah penyerapan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi.

4. Berenang
Jika anda ingin berenang sebaiknya tunggulah terlebih dahulu selama 30 menit setelah makan. Alasannya adalah terjadi penarikan lebih banyak darah ke saluran cerna untuk membantu mencerna makanan, sehingga dengan berenang langsung sehabis makan bisa menyebabkan kram ringan pada perut anda.

5. Tidur
Jika anda sering melakukan kebiasaan ini sehabis makan sebaiknya anda segera menghilangkannya. Karena apabila anda langsung berbaringdan tidur setelah makan, maka bisa meningkatkan tekanan pada diafragma dan bisa menyebabkan radang usus.

Itulah 5 hal yang sebaiknya tidak anda lakukan setelah makan. Sebisa mungkin, hindari melakukan semua hal diatas setelah makan karena bisa menimbulkan masalah dan gangguan kesehatan bagi anda.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus