Beragam Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah nanas - Siapa yang tidak mengenal buah nanas. Salah satu buah tropis yang mempunyai kulit bersisik ini mudah ditemukan. Di indonesia sendiri, propinsi Lampung menjadi sentra penanaman buah nanas, bahkan disana juga banyak ditemukan pabrik pengolahan nanas.

Seperti yang dilansir Wikipedia, Buah nanas yang mempunyai nama latin Ananas comosus (L.) Merr. ini, merupakan sejenis tanaman tropis yang diketahui berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay. Tanaman ini termasuk dalam kategori familia nanas - nanasan (Famili Bromeliaceae). Untuk perawakannya sendiri tumbuh memendek dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. 

Manfaat buah nanas bagi kesehatan

Kebanyakan orang, umumnya mengonsumsi buah ini secara langsung. Dagingnya yang tebal dengan warna kekuningan, menyimpan banyak air. Rasanya yang manis segar, menjadikan buah ini cocok jika dikonsumsi pada siang hari. Tapi tidak jarang pula, orang menjadikan buah nanas sebagai campuran bahan makanan lainnya seperti campuran es campur bahkan campuran puding. 

Selain itu, buah nanas juga banyak diolah menjadi bahan makanan. Tidak heran jika anda banyak menemui beragam produk berbahan dasar nanas, seperti selai, manisan bahkan berupa keripik nanas.

Dibalik rasanya yang manis menyegarkan itu, buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah nanas sangat kaya kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan yang sebaiknya anda ketahui :

1. Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan kalium yang tinggi dalam buah nanas, menjadikan buah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

2. Menurunkan Berat Badan
Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Tentu dengan ini, mengonsumsi buah nanas bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan.

3. Mengobati Asam Urat
Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Khasiat buah nanas bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu mengatasi gannguan pencernaan. Seperti yang diketahui, buah nanas banyak mengandung serat dan vitamin C yang dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein.

5. Mengatasi perut kembung
Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

6. Menguatkan tulang
Manfaat buah nanas selanjutnya adalah bisa menguatkan tulang. Selama ini, anda mungkin beranggapan bahwa tulang yang kuat bisa dapat jika kita mengonsumsi makanan yang banyak kalsium seperti susu serta vitamin D. Tapi nyatanya, buah nanas juga mampu menguat tulang anda. Kandungan mangan di dalamnya dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.

7. Mencegah batuk akibat flu dan demam
Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu. Sekalipun Anda sedang menderita flu, cukup efektif memanfaatkan nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga batuk lekas sembuh.

8. Menjaga kesehatan gigi
Khasiat buah nanas dapat menjaga kesehatan gigi, ini karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi juga penyakit gusi.

9. Mengatasi sembelit
Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

10. Menguatkan sistem imun tubuh
Manfaat nanas yang satu ini bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

11. Menjaga kesehatan kulit
Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci. 

12. Mencegah penyakit kanker
Buah nanas banyak mengandung vitamin C dan Vitamin A yang bisa berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Dengan adanya anti oksidan ini, maka sel kanker yang biasanya muncul karena radikal bebas bisa dilawan. 

Demikanlah beragam manfaat buah nanas bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Dengan sejuta nutrisi dan manfaat di dalamnya, menjadikan buah nanas layak anda masukkan dalam menu buah sehat harian anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi