Terapkan Rumus 3-J ini Jika Ingin Punya Berat Badan Ideal

Semua orang pasti menginginkan untuk memiliki berat badan ideal. Beragam cara pun dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari diet ketat bahkan hingga rajin melakukan bermacam aktifitas olahraga. Tapi sayangnya, memiliki berat badan ideal bukanlah perkara yang mudah, banyaknya godaan seperti makanan lezat ataupun camilan enak kerap datang mengganggu, keinginan untuk mengonsumsinya pun tidak dapat dielakkan. Alih - alih bisa mendapatkan berat yang ideal, malah justru hal tersebut bisa membuat berat badan anda makin membengkak.

Terapkan Rumus 3-J ini Jika Ingin Punya Berat Badan Ideal

Sebenarnya, menurunkan berat badan bukanlah perkara yang sulit. Untuk mendapatkannya, pakar kesehatan mengatakan ada rumus yang harus anda ingat ketika makan. dr. Ida Gunawan, MS, SpGK dari rumah sakit puri indah dan pondok indah, dalam acara Bincang Sehat, Gagal Langsing dan Tips Diet Sehat di Pisa Kafe, Mahakam, Kebayoran baru, jakarta selatan mengatakan, "Untuk mendapatkan berat badan ideal, anda harus menerapkan rumus 3 J, yaitu jumlah makanan yang dimakan, jenis makanan serta jadwal makan."

Untuk lebih jelasnya tentang rumus 3 J yang disampaikan dr. Ida tersebut, simak dibawah ini  :

1. Jumlah makanan
Dr Ida menjelaskan bahwa  jumlah makanan yang dimakan tidak boleh banyak - banyak. Hindari makan terlalu banyak karena kelebihan nutrisi dari makanan hanya akan tersimpan dalam tubuh sebagai lemak.

2. Jenis makanan
Pilihlah makanan - makanan yang mengandung indeks gilkemik yang rendah. Cara paling mudah adalah dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah. dr Ida menjelaskan, "Nasi putih memang lebih enak, tapi jadinya nanti kita makan lebih banyak ya karena enak. Bisa diganti nasi merah, jangan lupa juga perbanyak konsumsi sayur."

3. Jadwal makan
Pastikan jadwal makan teratur sehingga selain tidak mengganggu pencernaan, dengan makan tertaur penyerapan nutrisi pun dapat dilakukan secara maksimal. dr Ida menambahkan, "Jangan hanya makan satu kali sejali, atau hanya minum air kelapa karena ingin berat bdan turun cepat. Prinsip kita sekarang adalah gizi seimbang, kalau saya mungkin akan suruh makan 5 - 6 kali. Cuma diatur menunya, jumlah makanan dan jenisnya tadi."

Setelah menerapkan rumus 3 J tadi, satu hal lagi yang tisak boleh dilupakan adalah olahraga rutin. Tidak perlu lama, cukup 20 samapi 30 menit saja setiap harinya asalkan dilakukan secar rutin.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus