6 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut wikipedia, bawang merah merupakan sejenis tanaman yang sering dijadikan bumbu berbagai masakan asia tenggara dan dunia. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daerah asia tengah dan asia tenggara. Orang indonesia, terutama etnis jawa sering menyebut bawang merah sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari bawang ini hanyalah umbinya saja, walaupun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. 

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh


Tahukah anda, selain bermanfaat sebagai bumbu dan penyedap masakan, bawang merah ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut dibawah ini seperti yang dilansir oleh Medicalnewstoday.com :



1. Menjaga pencernaan
Mengonsumsi bawang merah bisa meningkatkan sistem pencernaan. Jika anda memiliki masalah pencernaan, cobalah konsumsi bawang merah untuk menyembuhkannya.

2. Mengontrol diabetes
Bawan merah terbukti bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, bawang merah juga bisa mengendalikan kadar gula dalam darah anda sehingga bisa mengontrol diabetes.

3. Sebagai antiobiotik
Bawang merah diketahui memiliki sifat antibiotik, antiseptik, serta anti mikroba yang bisa membantun anda terhindar dari infeksi.

4. Mengobati mimisan
Tidak banyak orang yang mengetahui hal ini. Cobalah jika anda sedang mimisan, menghirup bau bawang merah bisa menghentikan atau memperlambat mimisan yang anda derita.

5. Kaya nutrisi
salah satu bumbu dapur ini ternyata banyak mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Bawang merah diketahui kaya akan belerang, serat, kalium, vitamin B serta vitamin C. tidak hanya itu saja, bawang merah juga rendah lemak, kolesterol serta sodium.

6. Menyehatkan jantung
Makan bawang merah setiap hari bisa menghapus kolesterol jahat dalam tubuh yang merupakan penyebab utama masalah jantung.


Itulah 6 manfaat bawang merah bagi kesehatan. Dengan manfaat seperti itu, jangan ragu lagi untuk menggunakan bawang ini sebagai bumbu masakan anda ya, ladies? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus