Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Berpuasa

Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Berpuasa - Puasa atau yang lebih dikenal juga dengan saum adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh semua orang islam pada bulan ramadhan. Berpuasa mengharuskan kita untuk menahan diri dari makan dan minum dari pagi sampai menjelang maghrib. Berpuasa, seperti yang saya sebutkan pada artikel sebelumnya bemanfaat untuk kesehatan.

Tapi sayangnya, meskipun puasa adalah ibadah wajib yang hukumnya mutlak untuk dilakukan oleh semua orang muslim, masih ada juga orang yang enggan untuk berpuasa dengan alasan tidak kuat menahan lapar dan haus serta alasan lainnya. Memang, sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus mereka dibandingkan dengan lapar saat berpuasa. Rasa haus dapat menjadi pengganggu kenikmatan ibadah puasa anda karena bisa membuat tubuh menjadi lemas dan menyebabkan sakit kepala.

Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Berpuasa

Tapi tahukah anda, ternyata ada beberapa cara mudah untuk mencegah anda merasa haus saat menjalankan ibadah puasa. Berikut dibawah ini adalah tips agar tidak mudah haus saat berpuasa seperti yang dilansir myhijab.info :

1. Hindari memgonsumsi makanan yang pedas saat sahur karena bisa memancing rasa haus.

2. Perbanyak makan buah - buahan yang kaya akan kandungan serat dan air seperti buah semangka. Buah - buahan dengan kandungan seperti itu dapat bertahan cukup lama dalam pencernaan dan dapat mencegah rasa haus.

3. tetap penuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan dengan minum minimal 8 gelas sehari saat buka dan sahur. Jika aktifitas anda lebih sering dilakukan diluar dan mengeluarkan banyak keringat, ada baiknya anda minum air lebih banyak lagi.

4. Hindari minum air dalam jumlah yang banyak sekaligus, tapi minumlah secara bertahap.

5. Kurangi penggunaan garam dalam makanan anda karena garam dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh.

6. Minum jus buah asli dan segar lebih baik daripada meminum minuman dalam kemasan atau jus bua dengan pemanis.

7. jadwalkan waktu minum anda saat berbuka dan sahur sehingga anda dapat dengan mudah mengukur jumlah air yang anda minum.

Itulah beberapa tips agar tidak mudah haus saat berpuasa. Semoga kita dapat berpuasa penuh selama bulan romadhan tanpa halangan apapun. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus