4 Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas

Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas - Bagi saya, jika mengonsumsi sesuatu makanan akan terasa kurang nikmat rasanya jika makanan yang saya makan tersebut tidak pedas rasanya. Bisa dibilang, pedas adalah rasa yang wajib ada. Memang semua orang mempunyai citarasa tersendiri, ada yang suka pedas seperti saya ada juga yang tidak. Bahkan ada juga yang suka dengan makanan yang manis - manis.

Untuk rasa pedas sendiri, kebanyakan orang memang tidak menyukainya. Sebab selama ini yang muncul dan menjadi persepsi banyak orang soal makanan pedas lebih banyak yang negatif daripada yang positif. Mereka menganggap makanan pedas membahayakan tubuh dan dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti sakit perut, sariawan serta yang lainnya.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas
image oleh google
Orang - orang yang beranggapan seperti itu karena mereka belum tahu manfaat mengonnsumsi makanan yang pedas. Padahal dari segi medis, makan makanan yang pedas mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan sebuah penelitian mengemukakan bahwa makanan pedas punya manfaat yang positif  bagi tubuh. Apa saja manfaat mengonsumsi makanan yang pedas? berikut dibawah ini :

1. Mencegah kanker
Manfaat mengonsumsi makanan pedas yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Sebuah penelitian mengatakan bahwa cabai memiliki kemampuan membunuh sel - sel kanker seperti leukimia. Penelitian ini masih dikembangkan hingga saat ini. Jika memang efeknya positif, maka itu bisa menjadi penemuan terbaru yang dapat membantu banyak orang penderita kanker.

2. Dapat melonggarkan hidung tersumbat
Ini memang sudah terbukti, coba saja ketika anda sedang menderita flu dan hidung tersumbat, cobalah untuk makan makanan yang pedas. Mengonsumsi makanan yang pedas sangat efektif memerangi demam dan dapat mengurangi gejala flu serta juga dapat membantu meningkatkan suhu tubuh dan melonggarkan hidung tersumbat.

3. Dapat menjernihkan pikiran
Entah benar atau tidak, mengonsumsi makanan yang pedas konon katanya dapat menjernihkan pikiran. Para peneliti mengatakan bahwa makanan yang pedas dapat membantu mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Sampai sekarang para peneliti tersebut masih mengamati efeknya pada manusia bila dosisnya ditingkatkan. Namun sajauh ini yang saya rasakan ketika mengonsumsi makanan yang pedas adalah badan menjadi terasa jauh lebih rileks.

Mengonsumsi makanan yang pedas ternyata dapat menurunkan berat badan lho, Entah anda bisa mempercayainya atau tidak. Hal ini dikarenakan senyawa capsaicin pada cabai memiliki efek termogenik yang berperan membakar kalori berlebihan sehingga suhu tubuh menjadi naik juga.

Itulah manfaat mengonsumsi makanan pedas. Memang kita tidak bisa memaksakan lidah kita untuk menyukao makanan yang pedas - pedas, tetapi jika menilik pada manfaatnya alangkah baiknya jika anda mulai untuk menyukainya.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi