Membaca Buku Sebelum Tidur Bisa Memberi 5 Manfaat Ini

Hal apa yang biasanya anda lakukan sebelum tidur? Kebanyakan orang biasanya akan bergelut dengan gadget atau menonton televisi terlebih dahulu sebelum tidur. Rutinitas seperti ini sudah menjadi kebiasaan yang sulit dielakkan. Padahal bermain gadget atau menonton televisi sebelum tidur, justru bisa membuat mereka susah tidur bahkan tidak nyenyak ketika sudah terlelap.


Jika anda ingin tidur yang berkualitas, cobalah sekali - kali baca sebuah buku sebelum tidur. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Padahal membaca buku sebelum tidur, selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda juga bisa memberi banyak manfaat mengagumkan lainnya. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya :

1. Tidur nyenyak
Membaca dapat membantu seseorang untuk sedikit demi sedikit keluar dari kesadarannya sehingga mendorong seseorang tidur dengan baik. Mungkin karena hal inilah, tidak heran jika anda mendapati banyak anak - anak yang sangat antusias untuk membaca cerita - cerita sebelum tidur. Masuk ke dalam dunia fiksi dalam dunia buku dan cerita bisa membuat seseorang mengendurkan ketegangan yang ia rasakan sehingga ia bisa bersantai dengan baik. Nah, jika anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak, cobalah baca sebuah buku sebelum anda tidur.

2. Mengurangi stress
Membaca buku sebelum tidur ternyata sangat erat kaitannya dengan kadar stres yang terdapat dalam tubuh anda, lho. Hal ini terbukti oleh sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Surrey, Ingrris. Mereka menemukan bahwa kebiasaan membaca sebelum tidur dapat menurunkan kadar stres hingga 68 persen. Nah, saat anda sedang stres, sebelum tidur cobalah baca sebuah buku terlebih dahulu seperti dongeng untuk membantu membuat tubuh dan pikiran anda lebih santai sehingga stres bisa berkurang.

3. Menumbuhkan kreatifitas
Manfaat membaca buku sebelum tidur selanjutnya adalah bisa menumbuhkan kreatifitas. Buku adalah sumber ilmu, dengan membaca buku tentu akan menambah pengetahuan dan wawasan anda serta bisa meningkatkan kratifitas anda.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membaca buku yang tidak terikat pada satu tema tertentu dapat membuat seseorang menjadi kreatif dan lebih memiliki passion dalam pekerjaan mereka. Hal ini bisa terjadi karena cakupan bacaan yang luas akan membuat seseorang mampu melihat masalah, situasi hingga lawan bicara dari sudut pandang yang berbeda.

4. Membuat konsentrasi lebih baik
Membaca buku sebelum tidur dapat mendorong seseorang untuk mengolah informasi tanpa berbagai bantuan visual, hal ini bisa terjadi karena seseorang akan merasa terfokus terhadab buku yang mereka baca tanpa terganggu visual lainnya. Dengan begitu, otak akan terlatih untuk berkonsentrasi lebih baik.

5. Merasa damai dan tenang
Seperti yang dikutip dari lifehack, Menonton televisi yang penuh dengan adegan kekerasan dan intrik dalam drama atau berita yang membuat depresi tidak akan berhasil membuat seseorang merasa santai sebelum tidur. Agar anda dapat tidur dengan baik, anda perlu menciptakan suasana yang hening sehingga saraf - saraf dalam tubuh dapat menjadi lebih tenang. Nah, untuk mendapatkan kondisi seperti itu, langkah tepat yang bisa anda lakukan adalah dengan membaca buku sebelum tidur.

Demikianlah 5 manfaat membaca buku sebelum tidur yang bisa anda dapatkan. Dengan manfaat seperti itu, mungkin akan merubah kebiasaan dan membuat minat anda menggemari membaca semakin besar. Semoga bermanfaat ya.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus