Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Sabtu, 26 Maret 2016

Bahaya, Jangan Dongakkan Kepala Ketika Mimisan

Langkah apa yang akan anda lakukan ketika mimisan? Umumnya, untuk menghentikan mimisan tersebut, banyak orang cenderung akan mendongakkan kepala. Langkah ini memang bisa membuat darah berhenti dan tidak turun serta kembali ke atas. 


Tapi, tahukah anda, mendongakkan kepala untuk menghentikan mimisan seperti ini ternyata malah berbahaya. Hal ini dikarenakan saat anda mendongakkan kepala, maka akan membuat darah malah turun ke kerongkongan lalu masuk ke dalam perut.

Nah, kondisi inilah yang bisa membahayakan anda. Darah yang masuk ke perut justru akan melukai perut. Kasus terparah dapat membuat muntah. Jelas, muntahan yang keluar adalah darah disertai makanan. Beberapa orang menganggap itu adalah gejala serius yang terjadi pada perut karena muntah darah. Padahal itu adalah darah dari mimisan tadi.

Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi mimisan? Jika anda mengalami hal tersebut, lakukan saja beberapa langkah berikut, seperti yang dilansir Vemale.com :

1. Duduk tegap, hindari berbaring agar mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

2. Condongkan tubuh ke depan sehingga darah keluar lewat hidung.

3. Bernafaslah dengan mulut

4. Tekan hidung tepat di atas lubang hidung dan tahan selama 10 menit. Langkah ini akan memberi tekanan pada sumber pendarahan sehingga menhentikan darah.

5. Letakkan kompres dingin di pangkal hidung untuk menghentikan pendarahan.

Ingat, jangan dongakkan kepala anda ketika mimisan. Sebaiknya lakukan beberapa langkah diatas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.
Bahaya, Jangan Dongakkan Kepala Ketika Mimisan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri