Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Rabu, 23 Maret 2016

Awas, Gusi Berdarah Bisa jadi Gejala 4 Penyakit Ini

Pernahkah anda mengalami masalah gusi berdarah? Semua orang pasti mengalami masalah ini dan biasanya mereka mengabaikannya karena beranggapan akan sembuh dengan sendirinya. Penyebabnya bisa bermacam - macam seperti kecerobohan kita saat menggosok gigi terlalu keras hingga batang sikat menyodok gusi atau karena adanya plak yang menyebabkan gusi meradang dan bahkan memicu gangvitis.

Awas, Gusi Berdarah Bisa jadi Gejala 4 Penyakit Ini

Tapi tahukah anda, gusi berdarah juga bisa menjadi pertanda adanya gejala penyakit serius dalam tubuh anda. Apa saja? Berikut penjelasanya seperti yang blog kesehatan ini lansir dari thehealthsite.com :

1. Leukimia
Gejala awal leukimia bisa bisa diketahui dari kondisi gangvitis. Infiltrasi gingiva oleh sel - sel leukimia dapat memunculkan hemoragik (pendarahan). Jangan diabaikan, ini merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan dengan cepat. Jika anda telah melakukan perawatan mulut dengan baik, dan masih mengalami masalah pada gusi seperti pendarahan, sebaiknya segera periksakan kondisi ini pada dokter untuk memperoleh penaganan yang teapt.

2. Diabetes
Terdapat hubungan yang kuat antara diabetes dan penyakit periodontal termasuk radang gusi. Nah, ketika gusi berdarah bisa jadi itu juga pertanda adanya gejala diabetes dalam tubuh anda. Penderita diabetes harus menjaga kesehatan mulut dengan baikuntuk menghindari adanya infeksi mulut dan masalah mulut lainnya.

3. HIV
Sekitar 90 persen orang dengan HIV positif mengalami setidaknya satu gangguan oral, termasuk penyakit gusi dan gsi berdarah baik karena gangivitis atau periodontitis. Tetapi, gusi berdarah bukanlah gejala yang ditunjukkan oleh HIV. Walaupun begitu, mengobati gusi berdarah sangat penting dilakukan guna menghindari munculnya infeksi yang lebih serius.

4. Trombositopenia
Anda mungkin masih belum mengenal istilah ini. Trombositopenia merupakan kondisi yubuh yang kekurangan trombosit dalam darah. Trmbositopenia bisa menyebabkan pendarahan jaringan gusi, memar dan pembekuan darah yang lambat jika ada cedera. Kondisi ini meneybabkan lesi oral. Jika anda memiliki trombositopeni atau trauma minor, maka kondisi tersebut bisa menyebabkan gusi anda berdarah.


Nah, jika anda mengalami masalah mulut seperti gusi berdarah seperti ini dan tidak kunjung normal, segera periksakan kondisi tersebut untuk mengetahui penyebabnya. Bisa jadi gusi berdarah tersebut pertanda 4 penyakit diatas.
Awas, Gusi Berdarah Bisa jadi Gejala 4 Penyakit Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri