4 Jenis Kentut Dan kaitannya Dengan Kesehatan Perut

Kentut merupakan hal wajar dan pasti terjadi pada semua orang. Walaupun begitu, terkadang kentut bisa menjadi masalah jika "dilepaskan" ditempat umum, terlebih jika kentut tersebut mengeluarkan bau busuk yang tak sedap. Umumnya, dalam sehari seseorang rata - rata akan kentut antara 10 sampai 20 kali.



Bicara mengenai kentut, Tahukah anda bahwa kentut beserta bau yang dikeluarkan ternyata bisa menjadi indikator kesehatan perut dan pencernaan anda, lho. Anda penasaran seperti apa? Berikut penjelasannya :

1. Pelan namun bau
Jika anda kentut dan mendapati kentut tersebut pelan namun berbau, itu adalah hal yang membahayakan. Kondisi ini biasanya terjadi pada anda yang sering mengonsumsi atau baru baru saja mengonsumsi makanan yang kaya protein. Ketika perut anda tidak bisa mencerna protein fengan baik, maka kentut yang anda keluarkan cenderung pelan tapi bebbau.

2. Berisik dan tidak bau
Berbeda lagi dengan jenis kentut ini, jika anda kentut dengan disertai bunyi berisik tapi tidak mengeluarkan bau, itu tandanya anda sedang mengalami gangguan mencerna karbohidrat. Karbohidrta yang tidak tercerna dengan baik dalam perut akan menyebabkan anda mengeluarkan kentut yang berisik namun tidak bau tersebut.

3. Cenderung basah
Coba rasakan, apakah ketika anda kentut sedikit bertekstur basah atau lembab? Jika anda menrasakan hal tersebut, bisa jadi perut anda belum mencerna lemak dalam makanan dengan baik. Lemak sendiri memang jenis makanan yang sulit dicerna. Coba konsumsi makanan seperti biji- bijian sehat untuk mengatasinya.

4. Sering kentut tapi tidak berbau
Apakah anda sering kentut, mengeluarkan bunyi namun tidak berbau? Jika iya, ada kemungkinan makanan yang anda konsumsi mengandung gas yang tinggi di dalamnya.

Baca juga :

Demikianlah 4 jenis kentut dan kaitannya dengan kesehatan perut anda yang sebaiknya anda ketahui. Ingat, jangan kentut sembarangan, ya?

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi