7 Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Pernahkah anda mengonsumsi alpukat? Buah ini tentu sangat familiar dan disukai banyak orang. Tekstur daging buahnya yang lembut, kreamy dan kaya rasa menjadikan buah ini sangat enak dikonsumsi, terlebih jika di blender terlebih dahulu dengan menjadikannya jus. Selain rasanya yang enak, kandungan beragam nutrisi dalam alpukat juga sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Bicara mengenai alpukat, tahukah anda ternyata biji alpukat menyimpan banyak manfaat sehat. Tapi sayangnya, sangat jarang orang mengetahui hal ini sehingga mereka cenderung membuang bijinya ketika makan buah alpukat.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat mengagumkan biji alpukat yang sebaiknya anda ketahui, seperti yang blog ini lansir dari Boldsky.com :

1. Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium pada biji alpukat sangat tinggi sehingga bisa berperan sebagai vasodilator yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu saja, kalium tersebut juga bermanfaat untuk mengendurkan ketegangan pembuluh darah dan arteri sehingga bisa mengurangi hipertensi yang anda derita.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh
Manfaat biji alpukat bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan biji alpukat banyak mengandung antioksidan, bahkan kandungan antioksidannya lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Nah, antioksidan inilah yang berperan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang merugikan kesehatan. 

3. Menurunkan berat badan
Biji alpukat diketahui juga mengandung serat, dengan mengonsumsinya maka bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama serta bisa mengurangi nafsu makan. Jadi sangat cocok anda konsumsi ketika sedang menurunkan berat badan. Bagusnya lagi, biji alpukat juga mengandung antioksidan, kalium, magnesium dan kalsium yang bisa membantu dalam menyediakan energi bagi tubuh sehingga anda jadi lebih kuat dalam berolahraga.

4. Mencegah kanker
Selain manfaat diatas, biji alpukat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Ini dikarenakan dalam biji alpukat terdapat flavonol yaitu zat flavonoid yang mengandung senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin. Flavonid inilah yang bisa mencegah tumbuhnya kanker atau tumor dalam tubuh anda.

5. Menyehatkan pencernaan
Manfaat biji alpukat selanjutnya adalah bisa menyehatkan perncernaan anda. Kandungan serat larut dan antioksidan dalam biji alpukat sangat baik untuk mencegah sembelit serta meningkatkan kesehatan pencernaan anda.

6. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan dalam alpukat selain bisa meningkatkan sistem imun tubuh juga bisa menghindarkan efek radikal bebas yang buruk bagi kulit. Nah, jika anda rutin mengonsumsi bubuk biji alpukat dua kali dalam seminggu, anda bisa terhindar penuaan dini seperti keriput dan bintik - bintik hitam di wajah.

7. Menurunkan kolesterol
Biji alpukat ternyata juga bisa menurunkan kolesterol, lho. Ini dikarenakan biji alpukat mengandung lemak monosaturated serta minyak sehat yang bisa menurunkan kolesterol.


Demikianlah manfaat biji alpukat bagi kesehatan yang sebaiknya anda ketahui. Dengan beragam manfaat seperti itu, apakah anda masih berpikir untuk membuangnya? Semoga bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi