Awas, 7 Kondisi Kuku Ini Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Semua bagian dan organ tubuh mempunyai keterikatan yang tidak bisa dipisahkan. Ketika ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh, biasanya tubuh akan merespon dengan memberi sinyal yang bisa segera anda ketahui, termasuk dari kuku anda.

Awas, 6 Kondisi Kuku Ini Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Nah, tahukah anda, kondisi kuku seperti warna dan bentuk kuku bisa menjadi pertanda adanya penyakit dalam tubuh. Yuk, ketahui lebih jelasnya agar anda lebih waspada :

1. Kuku gelap atau biru gelap
Jika anda mendapati kuku anda berwarna semacam ini, itu menandakan anda kekurangan aliran udara dan tidak mendapat supply oksigen yang cukup ke bagian tubuh. Kondisi ini disebut penyakit Raynaud yang bisa menyebabkan masalah pembuluh darah.

2. Kuku berubah tebal dan kuning
Terkadang kuku seseorang bisa berubah warnanya menjadi kekuningan dan tampak kebal. Dan banyak orang mengabaikan hal tersebut. Padahal, jika anda mendapati kuku anda berubah seperti itu, itu mengharuskan anda untuk melakukan pemeriksaan kuku. Kondisi kuku seperti ini merupakan indikasi, anda mungkin mengembangkan sindrom kuku, rentan terhadap penyakit paru - paru seperti bronkitis kronis.

3. Kuku rusak
Kuku rusak bisa menjadi indikasi anda mengalami psoriasis. Lihat permukaan kuku yang tak teratur bisa menyebabkan arthritis inflamasi atau penyakit tiroid.

4. Kuku rapuh, tipis dan berbau
Jika kuku anda mengalami hal ini, biasanya kondisi ini didiagnosis sebagai gangguan tiranoid. Yang lebih parah, kuku bisa lepas dari akarnya jika tiranoid sudah terlalu tinggi.

5. Kuku berwarna merah pucat
Tanda merah pucat pada kuku bisa menjadi indikasi ada masalah dengan jantung anda. Ini bisa menjadi munculnya sejumlah kondisi jantung dalam tubuh.

6. Berwarna putih pada area tertentu
Pada beberapa bagian tertentu, terkadang muncul warna putih pada kuku anda. Daerah putih pada kuku ini umumnya disebut leukonikia.  Ini menandakan rendahnya sel darah merah dalam tubuh. Jadi, sudah waktunya anda mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

7. Garis kuku
Garis pada kuku biasanya disebut Beau. Nah, kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang mengalami stres.

Baca juga :
Itulah 7 kondisi kuku yang bisa jadi pertanda penyakit. Jika anda mendapati kondisi tersebut pada kuku anda, sebaiknya anda waspadai. Periksa pada dokter untuk mengetahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus