5 Bahan Alami Untuk Mencuci Rambut Tanpa Sampo

Ketika keramas, anda pasti tidak akan pernah lepas dari penggunaan sampo. Ya, keramas dengan sampo merupakan salah satu cara untuk membuat kulit kepala dan rambut segar kembali. Tapi tahukah anda, menurut para ahli kecantikan, akibat penggunaan sampo yang salah, hampir 90 persen laki - laki dan perempuan mengalami masalah ketombe serta kerontokan rambut. Kondisi tersebut terjadi karena adanya bahan - bahan kimia dalam sampo yang dapat memicu masalah tersebut.

Bahan Alami Untuk Mencuci Rambut Tanpa Sampo

Oleh karena itu, para ahli pun merekomendasikan penggunaan bahan - bahan alami sebagai penganti sampo. Penggunaan bahan alami tersebut, tentu tidak akan memberi efek samping bagi kesehatan rambut anda. Nah, anda penasaran apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk keramas tersebut? Berikut dibawah ini, seperti yang blog ini lansir dari Boldsky.com :

1. Baking soda
Salah satu bahan dapur yang digunakan sebagai campurang membuat kue ini, bisa anda gunakan sebagai alternatif pengganti samp0. Caranya pun sangat mudah, cukup gunakan satu sendok baking soda lalu taburkan pada kulit kepala ketika masih dalam kondisi basah. Pijat - pijat lembut sebentar lalu bilas seperti biasa. Untuk hasil yang maksimal, lima belas menit kemudian bilas lagi rambut dengan menggunakan sari cuka apel. Ini bermanfaat untuk menghilangkan penumpukan kotoran di kulit kepala, setelah itu cuci rambut sampai bersih.

2. Yougurt
Jangan hanya menggunakan yougurt saja, tampi tambahkan juga satu sendok makan baking soda ketika menggunakannya. Caranya, campurkan 3 sendok yougurt serta baking soda dalam sebuah mangkuk. Gunakan campuran kedua bahan ini sebagai masker rambut. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Perawatan rambut dengan kedua bahan ini dapat mengangkat kotoran yang menempel pada rambut serta bisa membuat rambut bersinar alami.

3. Daun peppermint
Persiapkan bahannya terlebih dahulu yaitu segegnggam daun ppermint lalu rebus selama 10 menit dalam wadah yang berisi air. Setelah itu, pisahkan daunnya dan ambil airnya saja dengan cara menyaringnya. Diamkan hingga bersuhu normal, kemudian gunakan untuk mencuci rambut anda. Sari - sari dari rebusan air pepermint bermnafaat menghilangkan residu dan kotoran dari kulit kepala anda.

4. Daun rosemary
Berbeda lagi dengan daun yang satu ini, untuk menggunakannya tumbuk daun rosemary secukupnya  hingga halus lalu merendamnya dalam air selama 8 menit. Setelah itu, usapkan ke rambut anda lalu bilas dengan air hingga bersih. Daun yang memiliki aroma khas ini bisa membuat rambut anda wangi walaupun tidak menggunakan sampo.

5. Lemon dan kuning telur
Bahan yang terakhir untuk perwatan rambut anda tanpa menggunakan sampo adalah dengan menggunakan lemon dan kuning telur. Caranya juga sangat mudah, cukup dengan mencampurkan 4 tetes perasan lemon ke dalam dua buah kuning telur yang ditempakan dalam wadah seperti mangkok. Gunakan kedua campuran ini dengan cara menggosokkannya ke kulit kepala lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas rambut anda hingga bersih. Tetesan air lemon tadi bisa membantu menghilangkan bau keringat yang menempel pada rambut anda, sedangkan kuning telur bisa mengembalikan kemilau rambut akibat aktifitas sehari - hari yang membuatnya lepek.

Baca juga : 
itulah 5 bahan alami untuk mencuci rambt tanpa sampo. Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus