4 Tanda - Tanda Osteoporosis yang Sebaiknya Anda Waspadai

Osteoporosis  merupakan salah satu penyakit berbahaya yang jarang diketahui kehadirannya karena tidak disertai dengan gejala yang spesifik. Umumnya, penyakit ini menyerang wanita terutama dengan usia 51 - 70 tahun, walaupun tidak menutup kemungkinan bisa juga menyerang wanita dengan usia muda. Seperti yang dilansir wikipedia, Penyakit ini disebabkan karena tubuh kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita) yang membantu mengatur pengatur pengangkatan kalsium kedalam tulang pada wanita. 

Tanda - Tanda Osteoporosis yang Sebaiknya Anda Waspadai

Osteoporosis sangat sulit di deteksi. Untuk mengetahuinya secara detail, anda harus melakukan pemeriksaan tes CT, densitometri, dan tes laboratorium. Tapi tanpa melakukan tes pun, anda bisa menyadari keberadaan penyakit ini dengan mengira - ngira dengan tanda yang dimuncul pada tubuh. Umumnyanya, osteoporosis ditandai dengan rasa nyeri pada tulang yang terjadi secara terus menerus. 

Selain munculnya nyeri pada tulang, berikut adalah beberapa tanda osteoporosis yang sabaiknya anda waspadai :

1. Kram otot
Pada penderita usia lanjut, gejala seperti karm otot seringkali muncul .Selain itu, penderita osteoporosis juga akan mengalami gangguan tidur dan badan seringkali mengalami pegal - pegal.

2. Patah tulang tungkai
Penderita osteoporosis pada umumnya akan mengalami patah tulang tungkai. Tulang tungkai sendiri terdiri atas bagian dalam dan luar. Dan penderita osteoporosis biasanya akan mengalami patang tulang tungkai bagian luar.

3. Pertumbuhan terhambat
Sekarang ini osteoporosis tidak hanya menyerang wanita dengan usia lanjut saja, wanita dengan usia muda juga bisa terserang penyakit ini. Jika penyakit ini menyerang wanita dengan usia 20 tahunan , maka penderitanya akan mengalami pertumbuhan yang terhambat, tinggi badan yang tidak optimal dan sistem imun yang menurun.

4. Sakit pinggang
Selain kram pada otot, orang yang menderita osteoporosis juga seringkalai mengalami sakit pada pinggangnnya.

Demikianlah tanda - tanda osteoporosis yang sebaiknya anda waspadai. Untuk meminimalisir penyakit ini, sangat disarankan untuk konsumsi kalsium dan vitamin D yang bagus untuk tulang anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus