Awas, 6 Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Makanan sehat dengan kandungan beragam nutrisi di dalamnya memang bagus untuk kesehatan. Tetapi jika anda mengonsumsinya secara berlebihan, manfaat di dalamnya akan percuma bahkan malah bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Awas, 6 Makanan Sehat Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Boldsky.com :

1. Minyak ikan
Siapa yang tidak mengenal makanan ini? Makann sehat ini merupakan sumber omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan terutama untuk kesehatan otak. Tapi sayangnya, jika minyak ikan dikonsumsi secara berlebihan malah justru bisa membuat darah anda menjadi tipis. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak minyak ikan juga bisa mengakibatkan keracunan vitamin A, masalah penglihatan serta dapat menyebabkan mual.

2. Wortel
Berbeda lagi dengan makanan yang satu ini, walaupun banyak mengandung vitamin A yang bagus untuk ksehatan mata tetapi jika mengonsumsinya terlalu berlebihan malah justru akan membuat tubuh anda menyerap terlalu banyak beta karoten. Hal ini bisa mengakibatkan darah berkonsentrasi sehingga bisa mengubah kulit berwarna oranye.

3. Ikan tuna
Ikan tuna merupakan sumber protein tinggi yang baik untuk tubuh. Tetapi jika berlebihan mengonsumsinya  bisa mengganggu sistem koordinasi tubuh, menyebabkan masalah penglihatan bahkan bisa  menimbulkan keterlambatan perkembangan tubuh anak - anak. Hal ini disebabkan karena jika berlebihan mengonsumsi tuna bisa menyebabkan methylmercury yang terlalu tinggi dalam tubuh.

4. Belimbing
Salah satu buah sumber vitamin C ini jika dikonsumsi berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan, bahkan bisa menimbulkan masalah ginjal permanen. Jadi jangan berlebihan ketika mengonsumsinya, ya!

5. Kayu manis
Kayu manis juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan. Tapi jika dikonsumsi berlebihan, kandungan coumarin di dalamnya bisa meningkatkan resiko kanker serta dapat menimbulkan racun hati. Berdasarkan sebuah studi, tubuh hanya memerlukan 2 gram saja setiap harinya. Karena itulah, batasi jika anda ingin mengonsumsinya.

5. Kacang brazil
Kandungan selenium dalam kacang brazil bisa menjadi racun jika anda mengonsumsinya secara berlebihan. Jadi, jangan banyak - banyak jika anda ingin mengonsumsinya.

Itulah 6 makanan sehat yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika anda ingin mengonsumsi beberapa makanan tersebut, sebaiknya jangan berlebihan dan batasi secukupnya saja. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus