7 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar Hingga Usia Tua

Ketika seseorang memasuki usia senja, biasanya akan diikuti dengan menurunnya sistem imunitas tubuh. Tidak heran jika banyak penyakit jadi mudah datang saat seseorang berusia tua. Ingat, menjaga kesehatan di saat tua bukan dilakukan saat anda sudah berusia tua juga. Selagi masih muda, pastikan anda menjalani pola dan gaya hidup sehat sehingga bisa menjalani kehidupan di masa tua tetap sehat, bugar dan jauh dari penyakit.

Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar Hingga Usia Tua

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar hidup selalu sehat dan bugar hingga anda berusia tua nanti :

1. Rutin berolahraga
Olahraga merupakan hal penting yang harus dilakukan jika anda ingin selalu sehat walaupun berusia senja. Tentu saja porsi dan jenisnya harus disesuaikan dengan kemampuan anda. Jangan terlalu memaksa, jika anda merasa lelah sebaiknya istirahat dulu. 

2. Jumlah asupan makanan
Perhatikan jumlah makanan yang anda konsumsi, jangan berlebihan. Karena kebiasaan makan berlebih hanya akan menyebabkan kematian datan lebih cepat. Hal ini terkait dengan penyakit kardiovaskular dan diabetes type 2 berdasarkan data Nasional Health Institute.

3. Tidur cukup dan berkualitas
Agar tubuh dan pikiran anda selalu bugar dan fresh, pastikan anda menerapkan aturan tidur yang cukup, yaiut enam hingga 8 jam setiap harinya. Jika anda kurang tidur, itu bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes hingga obesitas.

4. Perhatikan nutrisi makanan yang anda konsumsi
Selain membatasi jumlah asupan makanan yang anda konsumsi, anda juga harus selalu memperhatikan nutrisi pada makan tersebut. Ingat, nutrisi dari makana yang masuk dalam tubuh memainkan peranan penting bagi kesehatan tubuh anda.

5. Selalu berpikir positif
Berpikir negatif hanya akan membuat anda stres. Jadi berpikirlah positif, kesampingkan dan buang jauh semua pikiran negatif dalam diri anda. Jika anda butuh ketenangan, luangkan waktu sejenak dengan pergi refreshing, ke pantai misalnya.

6. Selalu bersosialisasi
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam journal PLos Medicine menunjukkan bahwa mereka yang memilik kehidupan sosial tinggi, 50 persen diantaranya memiliki kesemaptan hidup lebih lama. Jadi, jangan hanya mengurung diri dengan berdiam dirumah saja. Bersosialisasilah dengan teman anda agar anda bisa hidup lebih lama.

7. Terlindung dari sinar matahari
Terlalu banyak waktu dibawah sinar matahri dapat meningkatkan resiko penuaan dini lebih cepat. Ya, walaupun hal ini bisa diminimalisir dengan penggunaan tabir surya, sebaiknya anda jangan terlalu lama berada dibawah terik sinar matahari.

Baca juga :
Itulah 7 tips agar tubuh tetap sehat dan bugar hingga berusia tua yang bisa anda lakukan. Ingat, pola dan gaya hidup yang anda lakukan sangat menentukan kesehatan anda. So, terapkan gaya hidup sehat dari sekarang, ya? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus